Jakarta (ANTARA) - Pebalap McLaren Lando Norris mengatakan sabar dalam berproses menjadi kuncinya dan tim untuk meraih podium di Grand Prix Inggris, yang digelar di Sirkuit Silverstone, Minggu (9/7).

Setelah mengalami awal musim yang berat, Norris berhasil finis di posisi kedua GP Inggris tepat di belakang juara bertahan Max Verstappen (Red Bull) dengan selisih waktu 3,798 detik.

"Tim telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dan ini tak akan mungkin bisa terjadi tanpa kerja keras yang telah mereka lakukan. Ini sangat menakjubkan," kata Norris, dikutip dari laman resmi Formula 1, Senin.

Adapun tim McLaren di bawah kepemimpinan Zak Brown membawa tampilan livery spesial untuk balapan kandang mereka, serta sejumlah pembaruan teknis untuk mendukung performa dan akselerasi yang lebih baik lagi.

Penampilan positif tim sudah ditunjukkan sejak babak kualifikasi, dimana Norris dan rekan satu timnya, Oscar Piastri, mengamankan posisi kedua dan ketiga terdepan di grid untuk balapan utama. Keduanya lagi-lagi berada di belakang Verstappen yang masih dominan dan cepat.

Baca juga: Verstappen juara GP Inggris usai bersaing ketat dengan Norris

Pada hari balapan utama pun, Norris sempat melewati Verstappen dan mengamankan posisi terdepan, walaupun itu tidak berlangsung lama saat ia turun kembali ke posisi kedua di beberapa lap. Piastri pun berada dekat dengan Norris di posisi tiga, sebelum akhirnya disalip oleh Lewis Hamilton (Mercedes) hingga akhir balapan.

Hamilton tak hanya bertarung dengan Piastri, namun juga dengan Norris, rekan satu negaranya, untuk memperebutkan posisi runner-up.

"Itu adalah pertarungan yang luar biasa dengan Lewis, bagi saya untuk menahannya (mendapatkan posisi kedua). Saya mungkin juga sempat membuat beberapa kesalahan, tapi saya melakukan apa yang saya bisa," ungkap Norris.

"Saya juga memberikan perlawanan ke Max selama mungkin. Ini balapan yang panjang dan terasa 'sepi' saat saya berada di tengah-tengah (dua pebalap kuat), tapi ini terasa luar biasa," imbuh pebalap Inggris itu.

Norris kemudian memberikan pujian terakhir atas dukungan yang dia dan Piastri, McLaren, serta tim secara keseluruhan yang mereka terima dari penonton tuan rumah sepanjang akhir pekan.

"Terima kasih banyak untuk semua penggemar Inggris di sini yang mendukung kami semua, juga untuk McLaren," katanya.

Putaran ke-12 Formula 1 akan bergulir di Hungaria pada 21-23 Juli.

Baca juga: Alonso nilai kalender F1 2024 terlalu padat dan intens

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023