Jakarta (ANTARA) - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Barat pada Jumat membagikan helm dan kupon perbaikan kendaraan gratis bagi pengendara roda dua yang taat berlalulintas.

Kegiatan pembagian helm hingga pembagian kupon itu dilakukan saat Satlantas Polres Jakarta Barat saat menggelar Operasi Patuh Jaya di kawasan lampu merah Tomang dan Lampu Merah Slipi, Jakarta Barat.

"Jadi, tadi itu kami bagi-bagi helm bagi pengendara yang sudah tertib dan patuh berlalulintas," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Maulana Jali Karepesina melalui keterangannya pada Jumat.

Maulana mengatakan, pemberian helm gratis berstandar SNI tersebut diperuntukkan bagi pengendara yang taat berlalulintas.

"Sebelum diberikan secara gratis, polisi memeriksaan kelengkapan baik kendaraan maupun pengemudi," ungkap Maulana.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 30 helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) diberikan secara gratis kepada pengendara.

"Ada sekitar 30 helm kita bagikan. Kami periksa dari membawa surat-surat, kemudian kelengkapan kendaraannya dari spion kemudian helm yang ber-SNI, nah itu kami memberikan helm," kata Maulana.

Selain helm, pihaknya juga memberikan sebanyak 50 kupon servis motor kepada pengendara yang telah tertib berlalulintas. Pengendara juga diberikan brosur terkait informasi kegiatan Operasi Patuh Jaya 2023.

"Ya jadi itu kami bersama rekan-rekan dari Jasa Raharja, jadi kami bagi kendaraan yang taat pajak, jadi di cek STNK-nya, pembayaran pajaknya bagus, itu diberikan voucher (kupon) untuk servis kendaraan. Tadi ada sekitar 50 kupon dibagikan sama Jasa Raharja," jelas dia

Diketahui, kegiatan Operasi Patuh Jaya 2023 digelar sejak tanggal 10-23 Juli 2023. Operasi dilakukan di beberapa titik di wilayah Jakarta Barat, seperti di Lampu merah Tomang dan di lampu merah Slipi.

Maulana menjelaskan, dalam kegiatan Operasi Patuh Jaya tersebut pihaknya melakukan penindakan terhadap pengendara yang melanggar aturan lalulintas sekaligus memberikan edukasi dan imbauan.

Baca juga: Polres Jakbar tilang 37 pelanggar pada hari kedua Operasi Patuh Jaya

Baca juga: Operasi Patuh Jaya di Jakbar tindak 287 pengendara

Baca juga: Satlantaswil Jakbar dirikan tiga pos pantau jelang Operasi Patuh Jaya

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023