Jakarta (ANTARA) - Pelatih Chelsea Mauricio Pochettino bakal mengumumkan kapten tim The Blues pada bulan depan sebelum pertandingan pekan pertama Premier League atau Liga Inggris menghadapi Liverpool.

"Saya ingin melihat reaksi setiap pemain sebelum memilih kapten, bagaimana mereka bertindak di atas lapangan. Ini waktunya untuk menilai semuanya (di tur pramusim) dan melihat siapa saja yang juga masuk dalam skuad," kata Pelatih Chelsea Mauricio Pochettino dilansir dari BBC, Sabtu.

Chelsea telah ditinggalkan oleh sang kapten Cesar Azpilicueta yang bergabung menuju klub Spanyol Atletico Madrid dengan status bebas transfer.

Selain Azpilicueta, klub yang angkat trofi Liga Champions musim 2020/2021 itu, juga kehilangan sejumlah pemain senior yang hengkang pada bursa transfer musim panas kali ini seperti N'Golo Kante dan Mateo Kovacic, yang juga pernah mengemban ban kapten klub.

Baca juga: TInggalkan Chelsea, Aubameyang resmi berseragam Olympique Marseille

Pochettino tidak ingin terlalu terburu-buru dalam pemilihan ban kapten karena menurut mantan pelatih PSG itu kondisi timnya masih dalam pembentukan kerangka tim yang baru.

"Penunjukan kapten masih belum terlalu penting saat ini. Namun bagi sebagian orang memang penting. Tapi saat ini saya mementingkan untuk memberikan kesempatan bermain kepada setiap pemain terlebih dahulu dan menentukan pilihan kemudian," ungkap pelatih berkebangsaan Argentina itu.

Nama bek Thiago Silva bisa menjadi opsi terdepan untuk mengemban tugas sebagai kapten Chelsea. Sepeninggalan Jorginho yang hengkang ke Arsenal pada Januari, Thiago Silva sudah dipercaya untuk menjadi kapten Chelsea di atas lapangan.

Namun saat ini Thiago Silva mempunyai kendala dalam segi bahasa karena tidak terlalu aktif menguasai Bahasa Inggris. Tapi dilihat dari pengalaman Thiago Silva menjadi pemain yang saat ini paling berpengalaman di tim karena juga pernah mengemban sebagai kapten PSG.

Selain Thiago Silva, nama Reece James yang merupakan pemain binaan akademi Chelsea, Cobham juga masuk dalam opsi kandidat terkuat kapten The Blues. Bahkan ayah James, Nigel James pada 2021 pernah mengungkapkan bahwa putranya mempunyai ambisi untuk menjadi kapten Chelsea di masa depan.

Baca juga: Chelsea rilis seragam tanpa sponsor untuk musim baru

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023