Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra “Satria” menyelenggarakan kegiatan Penyaluran Bantuan Atensi Klaster Disabilitas Tahun 2023 kepada 200 penyandang disabilitas di Cilacap, Jawa Tengah.

Bantuan tersebut disalurkan ke dua kecamatan, yaitu Kecamatan Kroya dan Cimanggu, selama dua hari mulai tanggal 20 hingga 21 Juli 2023 berdasarkan asesmen yang telah dilakukan sebelumnya.
 
"Jadi setiap orang tidak sama. Ada yang minta sepeda, ada yang butuh kursi roda, ada yang butuh kursi roda adaptif, ada yang butuh sembako," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Arida Puji Hastuti melalui keterangan tertulis yang disiarkan di Jakarta, Sabtu.
 
Arida mengatakan penyaluran bantuan sesuai dengan kebutuhan para penerima manfaat ketika diasesmen dan didata oleh pendamping.

Baca juga: Kemensos bantu motor roda tiga penyandang disabilitas di Mukomuko 

Baca juga: Sentra Terpadu Kartini Kemensos berikan bantuan bagi disabilitas
 
Ia menyebutkan penyaluran bantuan ini merupakan sinergi antara Kemensos dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap, untuk hadir bagi para penyandang disabilitas.
 
Sementara itu, Kepala Sentra "Satria" Darmanto mengatakan bantuan yang disalurkan terdiri dari bantuan pemenuhan hidup layak, seperti sembako dan tambahan nutrisi masing-masing satu juta rupiah kepada 200 orang, dengan total bantuan senilai Rp200 juta.
 
"Ada tadi yang saya lihat dari Nusa Wungu dikasih bahan buat keset, terus juga ada kambing, ayam, dan sebagainya," ujar Darmanto.
 
Selain itu, dia menyebutkan, penyaluran bantuan juga berupa alat bantu disabilitas seperti kursi roda standar, kursi roda 2 in 1, kursi roda adaptif, kursi roda 5 in 1, alat bantu dengar, buku bicara digital, stroller bayi, tongkat penuntun adaptif, walker, kruk, dan tripod, kepada 72 orang senilai Rp207.587.340

"Bantuan stimulan pemberdayaan juga diberikan kepada para penyandang disabilitas, seperti bantuan kewirausahaan kepada 11 orang senilai Rp79.881.000 serta bantuan motor roda tiga senilai Rp32.874.500," kata Darmanto.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan disabilitas-lansia di Sidrap Rp140,6 juta

Baca juga: Mensos bantu penyandang disabilitas di Ende gunakan tongkat penuntun

 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023