Jakarta (ANTARA) - Brian Harman mempertahankan keunggulan di puncak klasemen British Open, setelah ia menjaga keunggulan lima pukulan dari lawan-lawannya, pada putaran ketiga yang dimainkan di Hoylake, Inggris, Sabtu setempat.

Harman mencatatkan 69 pukulan pada putaran ketiga. Membuat ia kini memiliki poin -12, unggul cukup jauh atas para pesaing terdekatnya yakni Cameron Young (-7), dan Jon Rahm (-6). Adapun total pukulan Harman adalah 201, Young 206, dan Rahm 207 pukulan.

"Akan sangat mudah untuk membiarkan roda-roda mulai berputar dan hal-hal semacam itu berada di luar kendali saya, namun saya hanya melipat gandakan apa yang sudah menjadi rutinitas saya. Saya benar-benar bangga mampu mempertahankannya," kata Harman seperti dikutip AFP.

Baca juga: Brian Harman rebut pucuk klasemen British Open pada putaran kedua
Baca juga: Fleetwood, Lamprecht, dan Grilo pimpin klasemen British Open


Harman tampil gemilang pada Jumat untuk mencatatkan 65 pukulan pada kondisi-kondisi sulit di putaran tersebut. Namun hujan yang menyirami lapangan gol Royal Liverpool membuat para pesaingnya mampu mendekatinya, terutama ketika Harman tidak mengawali permainan dengan maksimal.

Ia hanya kehilangan satu pukulan pada 36 hole pertamanya, namun Harman melakukan bogey pada hole pertama dan kedua untuk membuat keunggulannya sempat terpangkas satu pukulan.

Namun hal itu tidak berlangsung lama. Harman segera menemukan kembali permainan terbaiknya, dan mencatatkan birdie pada hole kelima dan sembilan.

Dua birdie beruntun pada hole ke-12 dan 13 semakin mengokohkan posisinya, sebelum ia kemudian menyelamatkan poin par.

Klasemen sementara British Open

1 - Brian Harman (-12)
2 - Cameron Young (-7)
3 -Jon Rahm (-6)
T4 - Viktor Hovland (-5)
T4 - Antoine Rozner (-5)
T4 - Jason Day (-5)
T4 - Sepp Straka -5)
T4 - Tommy Fleetwood (-5)
T9 - Alex Fitzpatrick (-4)
T9 - Shubhankar Sharma (-4)
T11 - Thomas Detry (-3)
T-11 - Tom Kim (-3)
T11 - Nicolai Hojgaard (-3)
T11 - Matthew Jordan (-3)
T11 - Rory McIlroy (-3)
T11 - Emiliano Grillo (-3)

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023