Bogor (ANTARA) - Tim nasional voli putra Vietnam menaklukkan timnas Filipina dalam drama lima set 3-2 (22-25, 21-25, 25-21, 25-23 dan 15-10) dalam ajang SEA V League 2023 di GOR Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Minggu.

Kedua tim yang sama-sama mencari modal kemenangan usai kalah dua kali berturut-turut di laga sebelumnya, tampil agresif sejak awal pertandingan.

Di set pertama Filipina terlebih dahulu mengambil inisiatif untuk menyerang dan tim asuhan pelatih Sergio Veloso itu mampu unggul 3-1 atas Vietnam. Di pertengahan set Filipina semakin memperlebar jarak dengan skor 17-14 poin. Filipina pun merebut set pembuka tersebut setelah spike Steven Rotterr tidak mampu diblok dengan baik oleh para pemain Vietnam.

Di awal set kedua Vietnam berhasil mengantisipasi permainan tempo cepat Filipina untuk unggul 5-2. Namun, Filipina terus berupaya menggempur pertahanan Vietnam untuk membalikkan keadaan dan unggul 18-14 sebelum menggandakan keunggulan atas Vietnam.
Pemain voli putra tim nasional Filipina Noel Kampton melakukan spike dalam pertandingan menghadapi Vietnam di ajang SEA V League 2023 yang berlangsung di di GOR Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Minggu (23/7/2023) (ANTARA/FAJAR SATRIYO)


Baca juga: Fahri Septian analisis pertemuan terakhir untuk bekal melawan Thailand

Memulai set ketiga, kedua tim saling kejar mengejar poin hingga skor imbang 6-6. Di pertengahan set Vietnam mampu memanfaatkan kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan Filipina dan berbalik unggul 16-11. Vietnam mampu menjaga keunggulan dan memenangkan set ketiga untuk memperkecil ketertinggalan.

Di awal set keempat Vietnam sempat unggul 6-4 dengan memanfaatkan kesalahan serangan Filipina. Namun, pertandingan kembali berjalan sengit dan kedua tim saling mengejar perolehan poin. Namun, Vietnam mampu merebut set tersebut untuk menyamakan kedudukan dan memaksa set penentuan.

Di set kelima Vietnam mampu menguasai permainan seperti dua set sebelumnya dengan unggul empat poin, 7-3. Pham Van Hiep dan kawan-kawan pun mengunci kemenangan dengan skor 15-10.

Kemenangan tersebut membuat Vietnam menempati peringkat ketiga klasemen sementara dengan raihan dua poin, sementara Filipina berada di peringkat juru kunci dengan satu poin.

Sementara itu untuk menentukan pemuncak klasemen di putaran pertama bakal berlangsung pertandingan pamungkas antara Indonesia melawan Thailand, Minggu pukul 18.30 WIB.

Baca juga: Pelatih optimistis Indonesia bakal lebih kompak lawan Thailand
Baca juga: Anurak Phanram siapkan mental jelang hadapi Indonesia di SEA V League

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023