Kendari (ANTARA) - Jamaah haji Indonesia asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Kloter 24 berjumlah 393 telah tiba di Kota Kendari dalam keadaan sehat di Bandara Haluoleo Kendari, Ahad.

Sekda Provinsi Sultra yang juga sebagai Petugas Haji Daerah (PHD), Asrun Lio mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena jumlah haji yang pulang masih sama dengan jumlah haji yang berangkat, apalagi Kloter 24 merupakan kloter istimewa karena didominasi oleh lanjut usia (lansia).

Dia menuturkan, meskipun Sekda, namun saat mengemban amanah sebagai PHD maka tetap melaksanakan tanggung jawab selama bertugas, termasuk melakukan semua rangkaian ibadah haji dan umroh, layaknya jamaah haji lainnya.

"Sekda itu hanya status jabatan, tetapi kita sebagai jamaah, peserta, dan juga petugas haji tentu harus melakukan dengan baik. Memang ada tantangan tersendiri karena kita membawa jamaah yang rata-rata lansia," tuturnya saat tiba di Bandara Haluoleo Kendari.

Baca juga: Jamaah haji Sultra manfaatkan waktu sebelum pulang untuk umroh

Baca juga: Kloter 27 asal Sultra masuk Asrama Haji Sudiang Makassar


Dia mengakui meskipun para jamaah yang didominasi lansia tersebut banyak membutuhkan bantuan selama pelaksanaan ibadah termasuk bantuan fisik, namun secara keseluruhan pelaksanaan haji dan umroh terlaksana dengan baik.

"Alhamdulillah, ibadah haji dan umroh bisa terlaksana dengan baik. Tentu ini berkat doa-doa kita semua kepada Allah SWT sehingga kita selalu mendapat bimbingan, hidayah, dan petunjuk-petunjuk lillahi Rabbi dan semua jamaah bisa kembali dalam kondisi baik dan sehat," ucapnya syukur.

Dalam kesempatan itu juga, diq membagi salah satu cerita lucu terkait keluhan jamaah yang ditanganinya, mengingat semua keluhan jamaah harus mendapat respon, termasuk sendal yang hilang, padahal tempat atau pintu masuk dan keluar yang dilalui jamaah berbeda.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra, Muhamad Saleh mengatakan, total jamaah haji Provinsi Sultra yang tergabung Kloter 24 UPG Makassar berjumlah 393 orang, kini telah kembali dalam kondisi sehat dan baik.

Untuk itu, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas haji daerah di Kloter 24, di mana telah melakukan pendampingan, sejak dari awal pemberangkatan hingga kembali ke tanah air, khususnya di Kota Kendari. Semoga para jamaah mendapatkan predikat haji mabrur.

"Hari ini ada tiga penerbangan. Untuk penerbangan pertama dan kedua khusus para jamaah Kota Kendari yang tergabung di Kloter 24. Sedangkan penerbangan ke tiga merupakan gabungan," ucapnya.

Di tempat yang sama, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan bahwa tepat pukul 12.20 wita, pihaknya bersama pemerintah Provinsi Sultra telah menerima secara resmi para jamaah haji Kota Kendari Kloter 24.

"Para jamaah haji dan umroh telah tiba di Kota Kendari dalam keadaan selamat. Hal ini patut kita syukuri karena kloter 24 yang seluruhnya murni masyarakat Kota Kendari dengan jumlah 393 orang, kembali dalam jumlah yang utuh," ucapnya.

"Alhamdulillah, jumlahnya utuh dan sehat. Saya ucapkan selamat datang dan selamat kembali di Kota Kendari, selamat bertemu kembali bersama keluarga besar. Doa kami semoga menjadi jamaah haji yang mabrur, menjadi panutan dalam memberikan contoh bagi warga Kota Kendari,," ujarnya.*

Baca juga: Bandara Haluoleo upayakan kelancaran keberangkatan JCH Sultra

Baca juga: Kemenag: 2.019 jamaah haji Sultra diberangkatkan mulai 9 Juni 2023

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023