Jakarta (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan kepada anak-anak Indonesia agar dapat mengembangkan sikap saling menjaga dan menyayangi temannya atau jogo konco untuk mencegah perilaku perundungan.

"Untuk anak-anak, sekarang kita minta untuk menjaga temannya. Jogo konco, jaga temannya. Menjaga temannya agar tidak saling mem-bully, menjaga temannya agar bisa menyayangi," kata Ganjar Pranowo dalam acara "Hari Anak Nasional 2023" di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu.

Menurut dia, nilai-nilai kebaikan ini harus diajarkan kepada anak-anak agar mereka selanjutnya memiliki kendali diri untuk tidak melakukan hal-hal yang negatif.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin instruksikan suara anak didengar dan dilaksanakan

"Nilai-nilai kebaikan ini harus kita berikan kepada anak-anak sehingga nanti dia punya self control," katanya.

Ganjar mengatakan sikap saling menjaga dan menyayangi sesama teman ini dinamakan dengan program jogo konco.

Dalam peringatan Hari Anak Nasional 2023 ini, Ganjar Pranowo berharap anak-anak Indonesia bisa merasakan kegembiraan di mana pun berada.

Baca juga: Hari Anak ingatkan pemenuhan hak dan lindungi anak tugas bersama

"Mudah-mudahan dalam peringatan Hari Anak Nasional ini diharapkan anak-anak akan mendapatkan dunianya, mereka akan sangat gembira di mana pun berada, jalan-jalan senang, di sekolah senang, di rumah pun senang, sehingga mereka akan menjadi generasi yang bahagia yang siap menjemput masa depan yang gemilang," katanya.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan peringatan Hari Anak Nasional 2023 merupakan momentum yang mengingatkan bahwa pemenuhan hak dan perlindungan anak merupakan tugas bersama.

"Hari ini merupakan momentum pengingat bahwa pemenuhan hak dan perlindungan anak adalah tugas kita bersama," kata Bintang Puspayoga.

Baca juga: Hari Anak, Menteri Bintang berpesan anak-anak terus timba ilmu

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan tagline #BeraniKarenaPeduli.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023