Jangan sampai hanya karena balai desa sudah ada sinyal, lalu kemudian seluruh desa dianggap selesai masalah internet. Hari ini ukuran desa ada sinyal itu, satu titik ada sinyal sudah dianggap seluruh desa ada sinyal
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meningkatkan kolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) guna mempercepat pembangunan infrastruktur digital hingga ke pelosok desa.

"Kita menjadi bagian penting dari keberadaan Kemenkominfo," ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam acara serah terima jabatan (sertijab) Wamendes PDTT dari Budi Arie Setiadi yang kini menjabat Menkominfo kepada Paiman Raharjo di Jakarta, Senin.

Menurutnya, digitalisasi hingga pelosok desa selama ini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah. 

Ia meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk membuat tolak ukur yang jelas perihal kategori desa yang memiliki akses internet.

"Jangan sampai hanya karena balai desa sudah ada sinyal, lalu kemudian seluruh desa dianggap selesai masalah internet. Hari ini ukuran desa ada sinyal itu, satu titik ada sinyal sudah dianggap seluruh desa ada sinyal," tuturnya.

Baca juga: Jokowi percepat keterjangkauan sinyal 4G di 12.548 desa/kelurahan

Ia meyakini Budi Arie yang sudah tiga tahun sembilan bulan menjadi bagian keluarga besar Kemendes PDTT masih peduli dan ingat jumlah desa di Indonesia yang belum memilik akses internet.

"Sekarang sudah waktunya berkoordinasi lebih intensif lagi karena sudah terbukti beliau punya tanggung jawab terhadap desa, buktinya ia masih hafal ada sekitar 12.000 desa yang belum punya sinyal," tuturnya.

Menkominfo Budi Arie mengatakan digitalisasi adalah keniscayaan harus terus digenjot hingga ke pelosok desa.

"Jadi semua urusan Kemendes PDTT tetap berkoordinasi dan akan kita support. Kerja sama kita tetap dan terus berlanjut," ujar Budi Arie.

Sementara itu Wamendes PDTT Paiman Raharjo mengatakan akan siap membantu apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Gus Halim untuk mempercepat pembangunan desa di seluruh Indonesia.

"Harapan kami bekerja melalui program yaitu berbasis kinerja sehingga apa yang kita lakukan adalah berorientasi pada hasil," ujar Paiman.

Baca juga: Menkominfo ajak Kemendes PDTT kolaborasi percepat digitalisasi desa
Baca juga: BAKTI Kominfo sasar 5.000 desa nikmati layanan telekomunikasi pada 2020




 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023