Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Ryano Panjaitan mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Indonesia, sebagai salah satu negara yang sukses mengatasi berbagai krisis global.

"Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah telah melakukan terobosan-terobosan luar biasa yang berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Menurut data ekonomi terkini, kata dia, Indonesia berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar lima persen pada tahun 2022, dengan tingkat inflasi yang terjaga di angka persen persen.

Ia mengatakan potensi hilirisasi sektor minyak, gas, batu bara, dan nikel yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan nilai tambah dan lapangan kerja. PDB Indonesia mencapai 743 miliar dolar AS atau setara dengan Rp11.271 triliun, dapat menciptakan 10,5 juta lapangan kerja, dan memberikan kontribusi melalui pajak, royalti, bea ekspor, dan PNBP.

"Perhatian yang serius diberikan terhadap pembangunan desa dengan menganggarkan dana desa sebesar Rp70 triliun pada tahun 2023," ujarnya.

Ia mengatakan dana desa tersebut difokuskan untuk pemulihan ekonomi, peningkatan sumber daya manusia, dan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Selain itu, katanya, peran pemuda sebagai pelopor dan aktor utama dalam perubahan masyarakat. Pemuda sebagai agen disrupsi diharapkan dapat mengambil peran penting dalam menghadapi perubahan menuju era digital yang lebih modern.

Kemudian, sektor investasi di Indonesia terus berkembang dengan nilai investasi pada kuartal II-2023 mencapai Rp349,8 triliun. Kementerian Investasi atau BKPM mencatat peningkatan investasi sebesar 15,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan berhasil menyerap tenaga kerja hingga 464.289 orang.

Baca juga: KNPI harap Polri teladani kejujuran dan profesionalisme Hoegeng
Baca juga: KNPI nilai Kejagung pantas dapat kepercayaan tinggi dari publik


Dia mengingatkan agar pemuda tidak boleh lupa bahwa tokoh-tokoh pemuda pejuang bangsa dan proklamator negara ini mencetak sejarah pada usia belia.

"Saat ini, banyak pemuda yang menjadi pemimpin politik, pemerintahan, dan ekonomi, bahkan pendiri 'startup'. Ini menunjukkan potensi besar pemuda dalam memajukan bangsa," katanya menegaskan.

Dia mengajak pemuda untuk menjaga soliditas, komitmen kebersamaan, dan persatuan dalam menghadapi tantangan zaman. Di era digitalisasi dan disrupsi, pemuda diharapkan menjadi pelopor dan berkontribusi dalam memajukan berbagai sektor, termasuk hilirisasi, infrastruktur dan konektivitas, dana desa, digitalisasi, dan investasi, serta bagaimana menjadikan bonus demografi penduduk di
tahun mendatang sebagai kekuatan bagi pertumbuhan ekonomi, sosial, dan politik
Indonesia.

"KNPI hadir sebagai wadah untuk meneruskan semangat perjuangan dan persatuan. Kita adalah pemuda yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga apa yang telah dicapai dan mengembangkan potensi bangsa ke arah yang lebih baik. Jangan takut akan kegagalan, karena itu bagian dari proses menuju kesuksesan," pesannya.

Penyampaian itu disampaikan Ryano Panjaitan terkait Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-50 KNPI. Diketahui, saat ini KNPI terbagi dalam tiga kubu yang masing-masing mengklaim sebagai ketua umum, yakni Ryano Panjaitan, Haris Pertama, dan Putri Khairunnisa.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023