Kami mengapresiasi penghargaan KLA sebagai wujud komitmen KemenPPPA untuk mendorong sistem pembangunan berbasis hak anak yang terintegrasi
Jakarta (ANTARA) - Yayasan Lentera Anak mengapresiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI yang secara konsisten sejak 2011 memberikan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

"Kami mengapresiasi penghargaan KLA sebagai wujud komitmen KemenPPPA untuk mendorong sistem pembangunan berbasis hak anak yang terintegrasi, terencana, dan berkelanjutan, dalam bentuk kebijakan, program, dan kegiatan untuk menjamin hak anak terpenuhi dan terlindungi," kata Ketua Lentera Anak Lisda Sundari dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Humaniora kemarin Hari Anak Nasional 2023 hingga pentingnya 1.000 HPK

Penghargaan Kota Layak Anak diharapkan bisa mendorong pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas implementasi pemenuhan hak anak dan perlindungan anak dari keseluruhan klaster.

"Tentunya butuh komitmen lintas sektor untuk memenuhi standar layak anak secara penuh, mengingat isu-isu yang melingkupi anak sangat kompleks, ditambah lagi banyaknya persoalan di daerah, mulai dari masalah sosial, fisik dan psikis, yang berpotensi menghambat pemenuhan hak anak," kata Lisda Sundari.

Penghargaan Kota Layak Anak diberikan kepada daerah setelah melalui proses evaluasi untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang dikelompokkan berdasarkan lima klaster hak anak dalam Konvensi Hak Anak (KHA).

Baca juga: Hari Anak, Menteri Bintang berpesan anak-anak terus timba ilmu

Kelima klaster tersebut, yakni  kelembagaan, hak sipil dan kebebasan, lingkungan dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya, serta klaster perlindungan khusus.

Tahun ini penghargaan Kota Layak Anak diberikan kepada 360 daerah.

Dari angka tersebut, sebanyak 19 kabupaten/kota masuk kategori Kota Layak Anak Utama. Selebihnya masing-masing ada 76 kabupaten/kota kategori Nindya, 130 Madya, dan 135 Pratama.

Baca juga: Hari Anak ingatkan pemenuhan hak dan lindungi anak tugas bersama

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023