penampilannya betul-betul natural dan tidak dibuat-buat
Ambon (ANTARA) - Riska Nur Abidah dari perwakilan Kabupaten Buru berhasil meraih kategori bakat terbaik pada pemilihan Putri Pariwisata Maluku 2023 di Ambon.

"Biasanya orang yang punya bakat dan dia mengasah bakatnya, maka penampilannya betul-betul natural dan tidak dibuat-buat," ujar Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies di Ambon, Rabu.

Pemilihan Putri Pariwisata Maluku tersebut mengusung tema Pariwisata dan Green Investmen.

Menurut Loppies selaku perwakilan dewan juri, seorang putri pariwisata juga harus bisa mengasah bakat dan kemampuannya untuk mentransformasikan budaya setempat.

"Jadi memang dalam konteks ini, mereka harus berupaya meningkatkan dan mengasah bakat yang mereka punya akan tetapi kalau tidak diasah itu membuat mereka tidak bisa adaptasi dengan kondisi. Ini kan rata-rata anak muda jadi harus bisa," tuturnya.

Baca juga: Dispar Maluku perkenalkan ajang Putri Pariwisata 2023 di Unpatti
Baca juga: Disbudpar: Putri Pariwisata 2023 harus rajin berkampanye soal Sumut


Sementara itu Riska Nur Abidah berhasil meraih kategori bakat terbaik atau The Best Talent atas penampilan bakat bercerita dalam bahasa Inggris tentang sejarah Pantai Merah Putih di Kabupaten Buru.

Gadis berparas cantik ini mengalahkan 14 finalis lainnya diantaranya Kanidya Christandira Tuhumury wakil Kota Ambon dan Esterlina Melmambessy wakil Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang lolos dalam tiga besar kategori tersebut.

Penilaian diberikan oleh tim juri yang terdiri dari Ketua TP-PKK Maluku Widya Pratiwi Murad, Kadis Pariwisata Maluku Meikyal Pontoh, Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies dan Pegiat Sanggar Nunusaku Dortheys Matauseja.

Pada kategori itu Riska mengalahkan 14 finalis Putri Pariwisata Maluku 2023 yang menampilkan bakatnya masing-masing mulai dari storytelling, menari, menyanyi, bermain musik dan membaca puisi.

Acara Malam Bakat Pemilihan Putri Pariwisata Maluku 2023 ini juga dimeriahkan dengan penampilan seniman lokal yaitu Ebeng Acom dan People Halong Dance Crew.

Baca juga: Menparekraf minta Putri Pariwisata harus promosikan wisata Nusantara
Baca juga: Dispar nilai Anneu Putri figur tepat angkat citra pariwisata Gorontalo
Baca juga: 30 finalis Denok Kenang Semarang siap berkompetisi

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023