Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Warriors bertekad memburu kemenangan empat kali beruntun atas Chang Thailand Slammers saat keduanya bertemu dalam laga lanjutan Liga Bola Basket ASEAN (ABL) di Gedung Basket Britama Arena, Mahaka Square, Jakarta, Rabu (27/3).

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa, tuan rumah juga akan berupaya merebut kembali puncak klasemen dari rival mereka San Miguel Beermen yang sebelumnya menang 68-61 saat berkunjung ke markas Jobstreet.com Singapore Slingers pada Sabtu (24/3).

Pertemuan terakhir antara kedua tim terjadi dalam ABL Hoops Fest Saigon 2013 di Ho Chi Minh City. Saat itu Mario Wuysang mencetak lima angka krusial di dua menit terakhir untuk membawa Warriors memperoleh kemenangan 74-67 atas Slammers.

Wuysang menyelesaikan laga dengan keberhasilan mengemas 20 poin sementara Chris Daniels ikut menyumbangkan 18 angka untuk Warriors. Selain itu salah satu resep jitu kemenangan tersebut adalah keberhasilan Warriors meredam duo Slammers Chris Charles dan Darrius Brannon yang masing-masing hanya mencetak sembilan poin saja.

Kedua tim sama-sama beristirahat selama 10 hari sebelum laga kali ini, sehingga diharapkan baik Warriors maupun Slammers membawa pemain-pemain yang dalam keadaan terbaik.

Warriors pada laga terakhir mereka memperagakan akurasi tembakan yang impresif saat mengalahkan Westports Malaysia Dragons 84-67 dengan keberhasilan meraih 36 poin di kuarter ketiga lewat delapan kali keberhasilan lemparan tiga angka. John Smith dalam laga tersebut menjalani penampilan terbaik sejauh ini bersama Warriors mengingat ia mencetak skor tertingginya sepanjang karir di ABL yaitu sebanyak 26 poin.

Di sisi lain, Slammers perlahan tapi pasti mulai mengalami peningkatan penampilan, mengingat mereka saat ini merangkak naik ke peringkat keempat klasemen sementara dengan catatan empat kali menang dan delapan kali kalah. Mereka perlahan menjadi favorit untuk melangkah ke babak playoff saat ini karena memiliki catatan positif secara head to head dengan dua pesaing mereka, Slingers dan Saigon Heat, yang masing-masing dalam keadaan 2-1 dan 1-1.

Wutipong Dasom memperlihatkan kegigihannya dan menyarangkan tembakan tiga angka di sisa waktu 43 detik pertandingan untuk membawa Slammers membalikkan keadaan serta mengalahkan Slingers 58-56 pada laga di hari terkahir Hoops Fest. Chris Charles memimpin perolehan poin di Slammers dengan mencetak 19 poin sekaligus mengamankan 15 kali "rebounds", sementara Dasom dan Darrius Brannon masing-masing menyumbang 11 angka.

Pelatih Slammers Joe Bryant berharap timnya dapat mengendalikan bola dengan baik saat menghadapi Warriors, mengingat dalam tiga kekalahan, wakil Thailand tersebut menderita 17,7 kali turn over per laga. Bangku cadangan Slammers juga perlu bersipa-siap mengingat dua bintang mereka Froilan Baguion dan Charles kerap terkena "foul trouble".

Charles tentunya juga harus mengendalikan diri dengan baik supaya tidak terlalu bernafsu ataupun ambisius, mengingat dirinya hanya mencetak sembilan angka dalam akurasi hanya satu dari 10 kali percobaan tembakannya menemui sasaran serta enam kali menyebabkan "turnovers" pada laga terakhir melawan Warriors.

(G006/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013