Jakarta (ANTARA) - Siapa yang tidak kenal dr. Richard Lee? Dokter kecantikan yang kini juga dikenal sebagai pengusaha sukses itu semakin naik daun karena konten-konten-nya bersama artis-artis cantik tanah air.

Pria kelahiran Medan yang juga pemilik Klinik Kecantikan Athena itu kini kembali menggemparkan media sosial dengan hadirnya unggahan misterius yang di post di akun instagram Lambe Turah @lambe_turah.

Warganet kembali dihebohkan karena terkejut dan khawatir akan isu apalagi yang akan menghampiri kehidupan dr. Richard yang penuh sensasi.

Meski begitu, dr. Richard langsung menanggapi post Lambe tersebut. Ia dengan gercep memposting ulang konten disertai dengan permintaan dukungan dari teman-teman dan para pengikutnya.

“Demi kelancaran proses, saya belum bisa menjawab teman-teman terkait berita ini. Saya minta maaf. Saya hanya harap proses kali ini berjalan lancar.” kata dr. Richard Lee di akun Instagram @dr.richard_lee kemarin pada Rabu (26/7).
 

Tangkapan layar warganet menanyakan kondisi dr. Richard Lee. (ANTARA/instagram @dr.richard_lee)

Baca juga: Shopee Indonesia kampanyekan "7.7 Shopee Live Bombastis Sale"

Baca juga: Populix: Tren belanja dengan "live streaming" akan terus berlanjut

Dalam unggahan yang beredar itu, terlihat dr. Richard sedang menggunakan sebuah rompi oranye dan membawa kardus yang berisikan barang-barang seperti akan berpindah ke suatu tempat.

Akibatnya tak sedikit warganet yang menanyakan kondisi sang dokter dan meminta penjelasan yang lebih rinci di kolom komentar unggahan tersebut.

Berselang sehari, dr. Richard kembali mem-posting video di instagramnya yang viral karena beliau akhirnya memberikan klarifikasi dengan sebuah kabar terbaru yang mengejutkan.

Ternyata ia bukan terkena kasus hukum maupun musibah tapi justru membawa kabar baik dengan menyiapkan gebrakan baru bersama salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yakni Shopee.

“Saya mau klarifikasi bahwa saya…. Nggak nggak nggak, nggak ditangkap. Saya mau pindah ke Shopee Live!! Jadi semua barang saya nih akan saya angkut ke Shopee Live. Dan Shopee akan kasih diskon heboh-hebohan banget! Bukan 10 persen, bukan 20 persen, tapi SEMUANYA 50 persen!! Dan kalian juga bisa konsultasi langsung dengan saya. Ingat tanggal-nya, tanggal 1 Agustus jam 8 malam Semua Diskon 50% hanya di Shopee Live, paling murah di Shopee." kata dr. Richard Lee lewat video klarifikasinya itu.

Tangkapan layar warganet menanyakan kondisi dr. Richard Lee. (ANTARA/instagram @dr.richard_lee)

Rupanya semua kehebohan itu terjadi karena dr. Richard Lee tergiur setelah mendengar informasi yang bertebaran menyebutkan jika berdagang di Shopee Live bisa mendapatkan omzet besar dan juga promo besar-besaran.

Maka dari itu untuk memulai awal baru, ia memutuskan untuk pindah lapak live streaming-nya ke Shopee Live mulai 1 Agustus nanti.

Ia pun menyiapkan banyak kejutan untuk para calon pembelinya, mulai dari pilihan produk yang lengkap dan beragam, promo besar-besaran yang pasti paling murah.

Para pengguna Shopee hingga pengikut dr. Richard dapat menikmati promo "Semua Diskon 50 persen" dengan belanja di Shopee Live mulai pukul 8 Malam setiap harinya.

Selain itu para pembeli tentunya bisa mendapatkan pengalaman unik karena berbelanja dan bisa berinteraksi langsung secara leluasa dengan dokter kondang itu.

Keuntungan menggiurkan dari Shopee Live

Fitur live streaming untuk berbelanja pada aplikasi Shopee, yang juga dikenal dengan sebutan Shopee Live kini sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan bagi masyarakat di Indonesia.

Apalagi pada momen 7.7 kemarin, pemberitaan mengenai Shopee Live bersama Raffi Ahmad mendulang kesuksesan dan popularitas yang luar biasa.

Bagaimana tidak? Raffi Ahmad berhasil memecahkan rekor Live Streaming dengan total transaksi Rp7 Miliar saat "7.7 Shopee Live Bombastis Sale" berlangsung.

Otomatis kabar tersebut langsung beredar tidak hanya di media sosial tapi juga menembus pemberitaan di media-media massa.

Melihat rekan sejawatnya sukses, dr. Richard pun tidak ingin tertinggal dari hype-nya tren berjualan di Shopee Live.

Di balik kesuksesan yang ditorehkan Shopee Live pada puncak kampanye "7.7 Shopee Live Bombastis Sale" sebenarnya tidak dibangun lewat usaha satu dua hari saja.

Sebagai salah satu pemain utama yang telah lama bergerak dalam industri ini, Shopee menjadi platform yang terus mempertahankan posisi nya di peta persaingan industri e-commerce yang ketat bersama dengan Tokopedia dan Lazada.

Dalam riset Snapcart bertajuk "Tren Perilaku Belanja Online Jelang Ramadan 2023" diungkapkan bahwa berdasarkan salah satu indikator utama yaitu Brand Use Most Often (BUMO) atau merk yang paling sering digunakan.

Lewat kategori itu Shopee menduduki posisi pertama dengan raihan 61 persen, jauh di atas merk-merk e-commerce lainnya seperti Tokopedia dengan 22 persen, TikTok Shop 9 persen, dan Lazada 7 persen.

Posisi kuat Shopee pada peta persaingan e-commerce saat ini, nyatanya juga memberikan pengaruh signifikan pada realita pasar belanja live streaming shopping.

Saat ini, cara belanja melalui siaran langsung atau kerap dikenal dengan sebutan live shopping, banyak menarik perhatian banyak pihak, konsumen, pelaku usaha juga deretan selebriti dan influencer.

Baca juga: Adu strategi "e-commerce" Tanah Air, siapa juaranya?

Keseruan interaksi yang ditawarkan, peningkatan traffic untuk pelaku usaha hingga promo luar biasa yang dihadirkan memberikan banyak keuntungan untuk setiap pihak yang berpartisipasi menjadi beberapa faktor tren belanja ini meningkat pesat.

Maka dari itu tidak heran kini metode berjualan dan berbelanja langsung secara daring ini menjadi fokus utama dan strategi penting bagi pelaku usaha di e-commerce.

Melalui riset lainnya yang kali ini berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” dari Populix, terungkap bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online, jauh melampaui pesaing terdekatnya.

Laporan tersebut mengatakan 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, di atas para pesaingnya seperti pemain baru TikTok Live yang jauh tertinggal dengan angka 25 persen.

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live sebagai pemain baru hanya mendapatkan 30 persen suara.

Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee menunjukkan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi.

Hal itu terlihat pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dengan raihan 56 persen dalam 6 bulan terakhir, jauh melampaui TikTok Live di angka 30 persen.

Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee juga menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 54 persen jauh melampaui pesaingnya, TikTok Live dengan raihan 31 persen.

Mengutip juga dari laporan Momentum Works bertajuk "E-Commerce Southeast Asia 2023", secara nilai transaksi bruto per e-commerce selama tahun lalu, Shopee masih jauh memimpin atau secara angka hampir 11 kali lipat dibandingkan TikTok Shop.

Sehingga dapat dikatakan saat ini, Shopee masih memimpin peta persaingan industri e-commerce, baik secara gambaran besar ataupun saat difokuskan pada fitur live streaming shopping.

Dengan beragam pembuktian di berbagai lini, maka dr.Richard akhirnya melabuhkan hatinya ke platform berlogo oranye ini dan memutuskan memulai perjalanan baru lewat lapak barunya di Shopee Live.

Baca juga: Raffi Ahmad pecahkan rekor omzet hingga Rp7 miliar di Shopee Live

Baca juga: "Live shopping" Shopee jadi opsi belanja paling favorit

Baca juga: Shopee promo besar-besaran di Shopee Live, semua diskon 50 persen

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023