Kelurahan Apela Dua sebagai kampung buah akan berdampak pada peningkatan sektor pertanian.
Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) mencanangkan pengembangan kampung buah di Kelurahan Apela Dua, Kecamatan Ranowulu.

"Saya harap Kelurahan Apela Dua sebagai kampung buah akan berdampak pada peningkatan sektor pertanian," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Kamis.

Wali Kota mengatakan pencanangan kampung buah ini merupakan program pemerintah untuk mengembangkan Kelurahan Apela Dua, Kecamatan Ranowulu menjadi daerah yang berfokus pada produksi dan pengembangan buah-buahan serta meningkatkan pertanian lokal.

Dia menjelaskan program ini harus benar-benar serius dijalankan, agar pencanangan ini bukan hanya menjadi acara seremonial semata tetapi benar-benar Apela Dua menjadi kampung buah dengan menanam berbagai jenis buah buahan.

Dengan begitu, katanya, ke depan akan semakin banyak produksi buah-buahan dari Kelurahan Apela Dua ini, dan tidak menutup kemungkinan menjadi tujuan wisata.

Tujuan wisata, katanya pula, bukan hanya ke pantai, namun ke daerah sentra pertanian maupun perkebunan yang memiliki kelebihan unik bisa menjadi tempat wisata baru.

"Saya harap masyarakat di Apela Dua akan mendukung program pemerintah ini, selain memberikan dampak bagi pemerintah, juga secara nyata berdampak pada masyarakat yakni ekonomi pasti meningkat," ujarnya lagi.

Selanjutnya Wali Kota melakukan penanaman pohon Buah Mangga dan penyerahan bibit buah secara simbolis serta penyerahan satu buat traktor pertanian.
Baca juga: Pemkot Jakarta Timur buat kawasan KBT jadi Kampung Buah
Baca juga: Kementan kembangkan 1.800 Kampung Buah untuk genjot produksi


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023