pelokalan SDGs Global ini telah mampu membawa banyak kemajuan untuk desa
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendorong seluruh desa di Indonesia untuk terus memuktahirkan data agar penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di tingkat desa dapat tercapai sesuai target.

"Data penting untuk dijadikan landasan agar pembangunan di desa benar-benar sesuai dengan kebutuhan capaian SDGs Desa," ujar Kepala Badan Pengembangan Informasi Desa PDTT, Ivanovich Agusta dalam acara Hari SDGs Desa di Jakarta, Kamis.

Dalam acara bertema Strengthening SDGs Desa as A Strategic Effort for Sustaining National Economic Resilience itu, ia mengatakan pemutakhiran data desa berbasis SDGs Desa akan memberikan kemudahan dalam melakukan proses pembangunan desa.

Ivanovich mengakui pengumpulan dan pemutakhiran data desa masih menjadi kendala dalam proses penerapan SDGs Desa. Data-data yang dikumpulkan dan dimutakhirkan itu tentunya harus diolah guna memetakan permasalahan yang dihadapi desa.

"Yang penting memahami pola pembangunan berbasis data, ini masih sulit. Melalui acara ini diharapkan desa-desa mengetahui cara-cara mencapai SDGs Desa," ucapnya.

Baca juga: Wamendes PDTT ajak K/L perkuat kemitraan dalam SDGs Desa
Baca juga: Mendes PDTT optimis agenda SDGs 2030 tercapai melalui pelokalan SDGs


Oleh karena itu, menurutnya, seluruh pemangku kepentingan harus dapat berkolaborasi mengingat desa di Indonesia belum sepenuhnya mengimplementasikan SDGs Desa.

"Dari 75.260 desa, baru 62.000 desa. Jadi memang butuh kesadaran lebih lanjut," tuturnya.

Kendati demikian, Ivanovich menyampaikan Kemendes PDTT optimistis target SDGs Desa dapat tercapai pada 2030.

"Optimistis SDGs Desa dapat tercapai, desa memberikan harapan bahwa kalau ingin mencapai SDGs secara nasional bisa dimulai dari desa," katanya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo mengajak seluruh kementerian dan lembaga untuk ikut berkontribusi dalam SDGs Desa untuk mempercepat pembangunan desa.

"Sejak digarap pada 2020, pelokalan SDGs Global ini telah mampu membawa banyak kemajuan untuk desa," kata Wamendes PDTT.

Ia meyakini jika kemitraan diperkuat maka tujuan pembangunan mulai kesejahteraan warga hingga meningkatnya kualitas SDM di Indonesia dapat lebih cepat terealisasi secara merata.

Baca juga: Mendes: Pelokalan SDGs sampai desa jawaban pembangunan berkelanjutan
Baca juga: Kemendes PDTT: SDGs Desa percepat pencapaian pembangunan
Baca juga: Kemendes PDTT wakili Indonesia pamerkan capaian SDGs Desa di PBB
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023