Kediri (ANTARA) - Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Kediri, Jawa Timur, mendorong pencalonan Gus Muhaimin yang juga Ketua Umum DPP PKB untuk maju dalam Pemilu 2024, dengan harapan bisa memperjuangkan aspirasi para guru.

"Kami dari guru madrasah Diniyah Takmiliyah (satuan pendidikan keagamaan Islam nonformal) mendukung pencalonan Gus Muhaimin menjadi calon Presiden. Kami memilihnya, selain ia sebagai Panglima Santri, juga mendukung lahirnya UU Pesantren, sehingga muncul hari santri," kata Koordinator aksi, Muhammad Hilal Bukhori di Kediri, Jumat.

Dia  mengatakan para guru sangat berharap aspirasi bisa tersampaikan seperti memperjuangkan pendidikan para santri dan harapan lainnya. Gus Muhaimin diharapkan nantinya bisa memperjuangkan aspirasi para guru dan santri.

"Harapan kami, bisa memperjuangkan santri, meneruskan perjuangan para tokoh, ulama terdahulu," kata dia.

Deklarasi dukungan itu dilakukan di area Lirboyo, Kota Kediri, diikuti puluhan guru. Mereka juga membawa spanduk berisi dukungan saat deklarasi tersebut.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebelumnya telah mengungkapkan PKB menargetkan mampu meraih suara minimal 30 persen di Jawa Timur, pada Pemilu 2024. Target kemenangan tersebut dinilai cukup realistis, karena dari survei yang dilakukan, elektablitas PKB Jawa Timur  bagus.

Dia juga optimistis PKB di Jawa Timur nantinya bisa menang mutlak, minimal 30 persen tersebut. Sehingga, untuk meraih target tersebut, PKB merekrut calon legislatif yang diharapkan mampu mendongkrak suara.

Untuk meraih suara nasional, PKB juga mempersiapkan sejumlah kader yang berlatar belakang artis. Popularitas artis diharapkan akan mendongkrak perolehan suara.

Presiden Joko Widodo juga menghadiri perayaan hari lahir atau Harlah Ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/7).

Dalam pidatonya, Presiden mengucapkan selamat ulang tahun HUT PKB. Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap PKB dapat meningkatkan perolehan suaranya di Pemilu 2024.

"Saya mengucapkan selamat memasuki usia PKB yang ke-25. Semoga PKB makin berjaya, semoga PKB suaranya naik di Pemilu 2024, semoga PKB kursinya nambah di Pemilu 2024," kata Jokowi dalam pidatonya.

Jokowi juga menaruh harapan besar kepada PKB. Ia berharap Pemilu 2024 nanti berjalan sukses dan menghasilkan kepemimpinan yang kokoh untuk meneruskan perjuangan dan capaian selama ini.

Presiden Jokowi juga mewanti-wanti PKB soal suhu politik yang mulai menghangat menjelang Pemilu 2024. Presiden berpesan PKB mempersiapkan dan menjaga pemilu tahun depan agar hasilnya baik dan prosesnya juga baik.
Baca juga: Nahdliyin Kediri dorong Gus Muhaimin maju Pemilu 2024
Baca juga: Komunitas milenial Bima-Dompu NTB dukung Muhaimin Iskandar Capres 2024
Baca juga: Komunitas Petani Ikan Palangka Raya dukung Gus Imin jadi capres

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023