Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Warriors kembali membuktikan mereka masih terlalu tangguh bagi Chang Thailand Slammers dengan mengalahkan tim tamu 83-72 dalam laga lanjutan Liga Bola Basket ASEAN (ABL) 2013 di Gedung Basket Britama Arena, Mahaka Square, Jakarta, Rabu.

Kemenangan tersebut menjadi yang keempat kalinya diperoleh Warriors atas Slammers dalam empat kali pertemuan mereka musim ini.

Dua "guard" Mario Wuysang dan Jerick Uy Canada menjadi sorotan utama kemenangan Warriors setelah mereka bergantian menjadi spesialis tiga angka sehingga masing-masing menghasilkan 20 serta 19 angka bagi timnya.

Wuysang secara efektif sukses melesakkan enam dari delapan kali percobaan tiga angka di kuarter pertama dan kedua, sementara Canada lima kali berhasil menemui sasaran dari 11 lemparan tiga angka.

Sementara itu, Chris Daniels kembali mencapai "double double" dalam pertandingan ini lewat sumbangan 16 poin dan 13 kali mengamankan "rebounds".

Di sisi lain skor terbanyak dalam laga kali ini justru dibukukan oleh Christien Charles yang memborong 30 angka ditambah 10 kali "rebounds" untuk menggenapkan pencapaian "double double".

Kemudian salah satu kunci kemenangan Warriors kali ini adalah keberhasilan mereka mengunci pergerakan Froilan Baguion yang biasanya menembus dua digit dalam hal "assists". Namun, dalam pertandingan tersebut hanya mampu mengirimkan enam kali saja.

Meskipun demikian, Froilan tetap berhasil mengemas perolehan angka dua digit lewat sumbangan 11 poin bagi Slammers.

Keberhasilan Warriors memenangi laga kali ini juga mengantar mereka kembali ke puncak klasemen sementara ABL setelah sebelumnya sempat tergusur oleh San Miguel Beermen.

Warriors saat ini membukukan catatan 10 kali kemenangan dan tiga kali kekalahan, sementara Beermen masih memiliki satu laga tersisa dengan sembilan kali menang dan tiga kali kalah.

Pelatih Warriors John Todd Purves kembali memulai laga dengan susunan pemain andalannya yaitu Daniels, Wuysang, Steven Demon Thomas, Christian Ronaldo "Dodo" Sitepu, dan John Smith.

Di sisi lain, Joe Bryant mengerahkan Darrius Brannon, Froilan Baguion, Christien Charles, Wutipong Dasom, dan Chanchon Klahan untuk memperebutkan "tip off".

Tuan tumah segera mengambil alih kepemimpinan di awal laga dalam skor 6-0 lewat tiga kali tembakan dua angka dari Daniels yang menemui sasaran. Warriors kian menjauh hingga keadaan 11-2 lewat tembakan tiga angka Wuysang dan "jump shoot" dari Daniels.

Para pemain asuhan Joe Bryant yang enggan menelan kekalahan keempat dari Warriors justru sempat berbalik unggul setelah meraih 10 angka secara beruntun lewat Brannon, Charles, dan Dasom sehingga mengubah kedudukan menjadi 12-11.

Sebuah tembakan tiga angka dari Wuysang menjawab ketertinggalan tersebut dan mengubah kedudukan menjadi 14-12 sebelum akhirnya Charles kembali mencetak dua angka serta menyamakan skor dalam keadaan 14-14.

Lantas permainan kembali menguntungkan bagi Warriors setelah dua tembakan tiga angka dari Wuysang dan satu kali tambahan dari Dodo membawa tim mereka unggul 23-16 di penghujung kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, Warriors kian memperlihatkan keunggulan mereka dengan menjauhkan selisih skor menjadi 28-20 saat Wuysang melesakkan tembakan tiga angka.

Sebuah umpan manis dari Thomas yang berhasil mengelabui Charles meluncur manis ke Daniels untuk dia lesakkan ke dalam keranjang, dan mengubah kedudukan menjadi 31-23.

Daniels kembali menambah dua angka sebelum Wuysang memperoleh tembakan tiga angka keenam dan membawa Warriors unggul 36-23.

Selisih 13 poin bertahan hingga akhir babak pertama dengan sebuah tembakan dari Klahan menutup kuarter kedua dan mengubah kedudukan menjadi 27-40.

Pada kuarter ketiga Amin Prihantono yang baru menjejak masuk ke lapangan segera memperlihatkan statusnya sebagai spesialis tiga angka dengan sukses melesakkan percobaan pertama dan mengubah kedudukan menjadi 43-29.

Sementara itu, perlahan tetapi pasti Slammers berupaya mendekati perolehan poin lewat Baguion dan Charles yang berhasil menipiskan selisih menjadi 38-43.

Namun, Warriors berhasil mempertegas keunggulan melalui pencurian bola oleh John Smith sebelum dia melesakkan lay up cantik kembali menjauhkan kedudukan menjadi 49-39. Dua lemparan bebas dari Canada menutup kuarter ketiga dalam skor 54-45.

Kuarter keempat berjalan dengan seru meskipun Warriors masih terus unggul dalam skor sementara.

Namun, Slammers memberi perlawanan sengit, bahkan sempat mendekat menjadi 63-69 lewat tembakan dua angka dari Baguion.

Meski demikian, Canada kali ini mengambil peran yang dimainkan Wuysang pada babak pertama dengan tiga kali berturut-turut melesakkan tembakan tiga angka dan membawa Warriors menjauhkan keadaan menjadi 80-63.

Kendali yang sudah dipegang Warriors tidak menurunkan semangat Slammers, Bryant, bahkan mencoba pemain muda Kannawat Lertlaaokul sebagai tambahan jam terbang bagi atlet yang diproyeksikan menjadi penggawa tim nasional bola basket Thailand tersebut.

Dua tembakan tiga angka dari Lertlaaokul menutup pertandingan dalam kedudukan akhir 83-72 untuk kemenangan Warriors.

Selanjutnya, Warriors akan menjamu Saigon Heat pada tanggal 3 April di Gedung Britama Arena, Mahaka Square, Jakarta, sementara Slammers akan berhadapan dengan Westports Malaysia Dragons pada hari yang sama.

Warriors akan memiliki keuntungan tersendiri saat menjamu Heat, mengingat tim tamu harus terlebih dahulu melawat ke kandang Dragons dan Jobstreet.com Singapore Slingers pada tanggal 29 Maret dan 31 Maret 2013.

(G006/D007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013