Pemkot Jambi juga menyiapkan dapur umum, tenda evakuasi, air bersih dari PDAM, toilet portabel dari dinas lingkungan hidup, lampu untuk penerangan oleh Dinas Perkim Kota Jambi
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyiapkan bantuan untuk pembangunan rumah bagi warga korban kebakaran di Kelurahan Legok, Kota Jambi.

"Minggu depan akan ada bantuan pembangunan rumah dari pemkot. Hari ini masih kami hitung, " kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Jumat.

Fasha meninjau langsung lokasi kebakaran di Kelurahan Legok yang menghanguskan 33 unit rumah bermaterial kayu. Pemkot Jambi memberikan bantuan tanggap darurat berupa makanan cepat saji dan kemudian sembako.

Selain itu, Pemkot Jambi juga menyiapkan dapur umum, tenda evakuasi, air bersih dari PDAM, toilet portabel dari dinas lingkungan hidup, lampu untuk penerangan oleh Dinas Perkim Kota Jambi.

Baca juga: Dua unit mobil dalam garasi terbakar di Jakarta Timur

Selain itu,  Fasha juga mengintruksikan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN)  di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Jambi agar menggalang bantuan uang tunai untuk korban.

"Jadi tidak bantuan berupa barang lagi, tapi uang tunai biar bisa lebih fleksibel digunakan," kata dia

Pemkot Jambi akan memberikan bantuan untuk berupa uang tunai kepada korban yang direncanakan akan diberikan pada minggu depan.

Fasha mengatakan, Pemkot Jambi banyak menyiapkan bantuan untuk para korban. Pemkot Jambi menyiapkan bantuan uang tunai dari rekening Jambi Peduli yang dikelola oleh Pemkot Jambi yang direncanakan akan dibagikan pada Senin atau Selasa depan.

Baca juga: Gulkarmat Jakut pastikan kebakaran di Koja jauh dari Depo Plumpang

Kepada warga yang dokumen pentingnya ikut terbakar, Fasha meminta warga untuk segera melaporkan.

Jika terdapat ijazah yang terbakar maka Pemkot Jambi akan membantu kepengurusannya. Jika ada sertifikat rumah atau tanah yang terbakar, maka Pemkot Jambi akan berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jambi.

Fasha juga mengingatkan kepada warga untuk waspada. Pastikan aliran listrik, gas dan kompor dalam kondisi mati saat meninggalkan rumah.

Sebelumnya diberitakan bahwa terjadi kebakaran di kawasan padat penduduk, Kelurahan Legok, Kota Jambi pada Kamis (27/7). Terdapat 33 bangunan rumah kayu yang habis terbakar, kerugian diperkirakan hingga Rp1 miliar.

Baca juga: Studi: Emisi karbon dari kebakaran hutan Kanada lampaui 1 miliar ton

Pewarta: Tuyani
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023