Jakarta (ANTARA) - Pebalap Pata Yamaha Prometeon Toprak Razgatlioglu mengungkapkan kunci dominasinya pada dua sesi latihan bebas (free practice/FP) di World Superbike (WSBK) Ceko, Jumat (29/7) waktu setempat.

Toprak membukukan waktu tercepat di sesi latihan di Sirkuit Most pada hari tersebut dengan 1 menit 32,367 detik, di depan Remy Gardner (GYTR GRT Yamaha) yang hanya terpaut 0,012 detik.

Sementara itu, Danilo Petrucci (Barni Spark Racing Team), Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Ducati) and Axel Bassani (Motocorsa Racing) melengkapi daftar lima besar. Juara bertahan Alvaro Bautista (Aruba.It Ducati) tertinggal di posisi enam.

"Pertama, saya ingin mengatakan bahwa saya sangat senang bisa kembali ke Most lagi karena saya menyukai trek ini! Kondisi basah tidak terlalu buruk, saya merasa nyaman dengan motornya dan juga percaya diri. Setelah itu lintasan kembali kering dan saya melakukan satu putaran, tetapi Scott melakukan pekerjaan yang sangat baik," ungkap Toprak, dikutip dari keterangan resmi, Sabtu.

Lebih lanjut, pebalap Turki itu mengatakan ia melakukan sejumlah pengaturan bersama timnya untuk motor yang ia tunggangi. Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah penggunaan ban keras di sesi FP2.

"Di trek basah, feelingnya lebih baik seperti yang saya ingat di FP3 dua tahun lalu, saya langsung merasakan grip yang bagus di sini dan hari ini, saya langsung melaju kencang. Setelah empat tahun, saya mulai merasa percaya diri," ujarnya.

Meski secara keseluruhan ia menilai sesi latihan berlangsung baik, Toprak tak mengelak bahwa ada masalah di Tikungan 18 dan 19 dimana ia merasa akselerasi motornya kurang bagus. Ia dan tim pun masih berupaya untuk mencoba dan menemukan penyiapan yang bagus untuk sesi kualifikasi dan balapan utama nanti.

"Kami perlu melakukan peningkatan di sana karena masalah akselerasi ini. Kita lihat besok dan saya harap kami bisa menunjukkan progres baik tersebut. Kami melakukan pekerjaan dengan baik sepanjang sisa putaran, tetapi kecepatan akan menjadi sangat penting akhir pekan ini," kata Toprak.

"Kecepatan saya tidak terlihat buruk tetapi jika kami meningkat di sektor akhir, itu bisa lebih baik dari yang lain. Saya percaya diri, merasa baik tapi jika kami meningkat sedikit lagi, maka kami bisa merasa jauh lebih baik lagi. Tapi secara umum, saat ini, saya senang untuk hari pertama," imbuhnya.


Baca juga: Bautista sebut crash di WSBK Italia terjadi karena kesalahan sendiri
Baca juga: Toprak manfaatkan momentum demi raih juara Race 2 WSBK Italia
Baca juga: Lecuona kembali gantikan Rins untuk MotoGP Inggris

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023