Jakarta (ANTARA) - Ketua Pengurus Kota Purna Paskibaraka Indonesia (PPI) Jakarta Pusat Wan M Guntar S Baros mengatakan siap menggali potensi pemuda lewat Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB).

"Lomba ini untuk memberikan kontribusi kepada anak-anak muda dalam meningkatkan potensi kreatifitas baris berbaris, yang diharapkan akan mendukung perkembangan diri dan karir mereka ke depannya," kata Guntar di Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan kegiatan itu merupakan kontribusi terhadap pengembangan dalam bidang kepemudaan, bukan hanya menciptakan generasi muda melalui Paskibraka, tapi juga melalui kegiatan sosial.

"Salah satunya menggali potensi anak-anak bangsa yang berkualitas dalam bidang baris berbaris, serta memberi ruang para pemuda untuk melatih kreatifitas mereka," katanya menegaskan.

PPI Jakpus menggelar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

LKBB diikuti 59 regu dari kategori SMA dan SMP, masing-masing memperebutkan juara 1, 2, 3 dan harapan. Kemudian kata dia, disediakan juara khusus LKBB terbaik formasi,variasi terbaik, peserta terbaik dan Danton terbaik serta juga kostum terbaik.

Selain itu, PPI Jakpus menggelar Central Food Festival (CFF) yang diikuti 21 usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM) dari berbagai wilayah di Jakarta.

"Kegiatan ini dalam rangka tiga dekade Paskibraka Jakarta Pusat," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapresisai adanya Lomba Keterampilan Baris-Berbaris. Ia berharap dengan kegiatan itu, rasa Nasionalisme dalam diri semua peserta akan semakin kuat, dan memberikan semangat kompetisi kepada anak-anak muda dalam meningkatkan potensi ketangkasan baris berbaris.

"Saya berharap dengan acara ini rasa Nasionalisme dalam diri kita semua, akan semakin kuat, serta mendorong potensi anak-anak muda," harapnya.

Baca juga: BPIP: Paskibraka kader calon pemimpin berkarakter Pancasila
Baca juga: Gubernur beri suntikan semangat anggota Paskibraka Nasional asal Jatim
Baca juga: 1.108 Purna Paskibraka Jabar jadi Duta Pancasila

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023