Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengumumkan pemenang kontes Nanang-Galuh Banjar 2023 yang digelar Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata setempat.

Muhammad Irfan Perdana dengan nomor peserta 037 dan Naila Nur Azizah dengan nomor 002 ditetapkan sebagai pemenang. Keduanya dinobatkan sebagai Nanang-Galuh Banjar 2023 setelah bersaing dengan 11 pasangan lainnya.

“Pemerintah selalu memberikan ruang bagi pemuda untuk berpartisipasi terhadap pembangunan daerah,” kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di Banjarmasin, Minggu, mengenai alasan penyelenggaraan Nanang-Galuh Banjar 2023.

Baca juga: Menparekraf dorong Pengembangan wisata sungai di Banjarmasin

Ibnu Sina mengatakan, Nanang Galuh yang terpilih harus memiliki kepribadian yang baik sehingga layak untuk mewakili Kota Banjarmasin dalam mempromosikan sosial budaya khususnya sektor kepariwisataan.

“Pemuda Banjarmasin antusias mengikuti kompetisi ini, pelaksanaan tahun ini adalah rekor (peserta) terbanyak sepanjang pelaksanaan,” ucapnya.

Pemilihan Nanang Galuh Banjar Kota Banjarmasin tersebut diikuti sebanyak 146 orang peserta sejak babak penyisihan hingga menuju babak final menyisakan sebanyak 24 orang.

Ibnu Sina mengungkapkan peserta yang terpilih akan menjadi salah satu ikon kebanggaan daerah yang berjuluk “Kota Seribu Sungai” itu.

Baca juga: Film "Anak Seribu Sungai" promosi pariwisata Banjarmasin pascapandemi
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina (ketiga kiri) didampingi istri yakni Siti Wasilah (ketiga kanan) foto bersama dengan pemenang Pemilihan Nanang Galuh Banjar Kota Banjarmasin 2023, di Mitra Plaza Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (29/7/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)
Sementara itu, Ketua Tim Juri Siti Wasilah yang juga merupakan isteri dari orang nomor satu di Kota Banjarmasin tersebut berharap, Nanang dan Galuh 2023 mampu memperkuat pemahaman terkait kebudayaan dan kepariwisataan di Kota Banjarmasin.

“Mereka harus mampu memberikan gagasan untuk menciptakan daya tarik wisatawan luar berkunjung ke Banjarmasin,” ujar Siti.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kadisbudporapar Kota Banjarmasin Fatimah didampingi oleh Kabid Kepariwisataan Disbudporapar Kota Banjarmasin Fitriah mengatakan bahwa Nanang Galuh 2023 adalah mitra pemda untuk mengembangkan dan menggencarkan promosi budaya dan pariwisata.

“Mereka harus mampu menjadi teladan dari segala aspek bagi pemuda di Kota Banjarmasin,” kata Fatimah.

Dalam final, juga terpilih Muhammad Riyadh dan Frisca Wednesty sebagai Nanang-Galuh Persahabatan, Muhammad Setiawan Utomo dan Elsa Putri Azizah sebagai Nanang-Galuh Berbakat, sedangkan Nanang-Galuh Favorit Ahmad Rafly Reza dan Cut Mutia Abadi.

Baca juga: Wisata susur sungai Banjarmasin dibuka dengan protokol kesehatan ketat

Sementara lima pasang lainnya terpilih sebagai Wakil Nanang dan Wakil Galuh, mereka adalah Pramudya Rido Pratama dan Fatimah Azizah, Najib dan Michelle Amanda, Ray Shandi dan Nur Asyif, Muhammad Jordan Ibrahim dan Istiqla, Thriq Thalib dan Naina Meyshifa.

Pada kesempatan tersebut, Nanang terpilih Muhammad Irfan Perdana mengatakan sudah memiliki berbagai program untuk mempromosikan dan memajukan wisata Kota Banjarmasin.

Sedangkan Galuh Naila Nur Azizah mengatakan siap menjadi pelopor pemuda.

“Pemuda harus melek dengan potensi pariwisata di Banjarmasin,” demikian Naila.

Baca juga: Wisatawan klotok Banjarmasin meningkat saat lebaran

Baca juga: Banjarmasin terapkan sertifikat SNI CHSE sarana penunjang pariwisata

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023