Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional voli putri Indonesia Eko Waluyo akan menurunkan para pemain debutan pada pertandingan perdana SEA V League 2023 putaran pertama yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, 4-6 Agustus.

"Bisa sekali mereka (pemain debutan) diturunkan jadi starting line-up di pertandingan perdana. Mudah-mudahan mereka tidak mengalami demam panggung," kata pelatih timnas voli putri Indonesia Eko Waluyo saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) mengumumkan 14 nama pevoli putri yang dibawa untuk mengarungi ajang SEA V League 2023 putaran pertama di Hanoi. Di antara 14 nama tersebut terdapat beberapa pemain debutan, antara lain Azzahra Dwi Febyane, Salsabila Dara Putri, dan Dya Hawa Nur Fitria.

"Alhamdulillah mereka (pemain debutan) selama pemusatan latihan (TC) bisa mengikuti kakak-kakaknya dan ada perkembangan. Sebenarnya lebih kelihatan yang muda-muda untuk perkembangannya karena mereka masih bisa ditingkatkan kemampuan dan potensinya," ungkap Eko.
Para pemain tim nasional putri Indonesia saat menjalani sesi pelatihan nasional (pelatnas) untuk persiapan menuju SEA V League 2023 di GOR PBV BJB Tandamata, Bandung, Senin (31/7/2023). (ANTARA/HO-BandungBJBTandamata)


Sebanyak 14 pemain yang dipilih sebelumnya telah melakoni pemusatan latihan nasional (pelatnas) sejak 6 Juli di GOR PBV BJB Tandamata, Bandung.

"Ya selama persiapan (tim) kurang lebih hanya dua minggu kami maksimalkan. Kami fokus memperbaiki hal yang mendasar seperti receive dan transisi bertahan," kata Eko.

Baca juga: Pevoli Indonesia dominasi gelar individu pada SEA V League 2023

Bandung BJB Tandamata yang merupakan juara Proliga 2023 ditunjuk PP PBVSI untuk mewakili timnas voli putri Indonesia di ajang SEA V League 2023.

Rencananya, timnas voli putri Indonesia akan mulai bertolak menuju Hanoi, Vietnam, pada Rabu.

"Besok kami berangkat (ke Hanoi) tanggal 1 Agustus. Hari Kamis mungkin kami akan melakukan uji coba lapangan," ujar Eko.

Dilansir dari keterangan resmi PP PBVSI berikut daftar nama 14 pemain yang dipanggil di ajang SEA V League 2023:
1. Wilda Siti Nur Fadilah - Middle blocker
2. Agustina Wulandhari - Middle blocker
3. Myrasuci Indriani - Middle blocker
4. Tiara Ariance Ratna Sanger - Setter
5. Ratri Wulandari - Opposite
6. Salsabila Dara Putri - Outside hitter
7. Aulia Suci Nufadila - Outside hitter
8. Dya Hawa Nur Fitria - Libero
9. Alya Anastasia - Opposite
10. Shella Bernadetha - Middle blocker
11. Hany Budiarti - Opposite
12. Dita Azizah - Libero
13. Nandita Ayu Salsabila - Outside hitter
14. Azzahra Dwi Febyane /Gendhis - Outside hitter
15. Arneta Putri Amelian - Setter
16. Mediol Stiovanny Yoku - Outside hitter

Baca juga: PBVSI panggil 21 pevoli putri dalam persiapan ASEAN Grand Prix 2023

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023