Penempatan personel dilakukan untuk mengantisipasi terhadap kemungkinan adanya gangguan ketenteraman dan ketertiban umum
Jakarta (ANTARA) - Satpol PP DKI Jakarta mengerahkan 550 personel untuk memperkuat keamanan kegiatan pertemuan Gubernur dan Wali Kota ASEAN melalui ajang  Meeting Of Governors and Mayors Of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) 2023.

"Penempatan personel dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan ketenteraman dan ketertiban umum (tramtibum)," kata Kepala Satuan Polisi (Satpol) PP Provinsi DKI Jakarta Arifin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Arifin mengungkapkan pengamanan yang dilakukan  berupa penjagaan, pengawasan, patroli, dan antisipasi gangguan tramtibum di lokasi yang akan dikunjungi para delegasi.
 
Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pengamanan petugas Satpol PP juga berkoordinasi dengan unsur TNI-Polri maupun unsur pengamanan lainnya yang terlibat.
 
"Untuk mengamankan MGMAC-AMF 2023, kami bertugas mulai 31 Juli hingga 3 Agustus 2023," ujar Arifin.
 
Personel Satpol PP DKI Jakarta lainnya tetap terlibat mendukung pengendalian ketentraman dan ketertiban umum di seluruh wilayah Ibu Kota dalam rangka menjaga kenyamanan para delegasi.
 
Arifin mengimbau  seluruh warga DKI Jakarta dapat berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban umum, serta menunjukkan identitas kota Jakarta sebagai kota yang tertib, berbudaya dan tuan rumah yang ramah bagi delegasi para pimpinan ibukota se Asia Tenggara.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan telah merampungkan persiapan kegiatan yang menjadi rangkaian KTT ASEAN  yakni  MGMAC-AMF 2023 pada 1-2 Agustus di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.
 
"Untuk kenyamanan, telah dilakukan pembangunan dan pemeliharaan serta memperindah sepanjang jalur yang dilewati delegasi MGMAC-AMF," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono di Jakarta, Senin.
 
MGMAC dan AMF  dihadiri lebih dari 500 peserta, meliputi Gubernur dan Wali Kota negara anggota ASEAN, perwakilan asosiasi pemerintah daerah dari negara anggota ASEAN, Komite Perwakilan Tetap (Community Permanent Representative) ASEAN, mitra kerja sama (partners), dan badan multilateral lainnya.
Baca juga: Pemprov DKI rampungkan persiapan MGMAC dan AMF 2023
Baca juga: Heru sebut KTT ASEAN 2023 memiliki potensi tumbuhkan pendapatan UMKM
Baca juga: Legislator minta perbaikan jalan di Ibu Kota jangan saat ada kegiatan

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023