... kebangkitan Yesus Kristus dari mati juga membangkitkan semangat hidup kita... "
Magelang, Jawa Tengah (ANTARA News) - Rektor Seminari Mertoyudan, Pastur Ignasius Sumarya SJ, mengatakan, perayaan Paskah 2013 menjadi momentum umat kristiani membangkitkan semangat hidup yang menjauh dari dosa, karena mengimani kebangkitan Yesus dari kematian di kayu salib.

"Dengan kebangkitan Yesus Kristus dari mati juga membangkitkan semangat hidup kita dalam rangka meninggalkan dosa atau perbuatan jahat," katanya, di Magelang, Sabtu.

Umat Katolik di berbagai tempat akan merayakan Hari Kebangkitan Yesus melalui peribadatan pada Sabtu malam (Malam Paskah), dan Minggu (Minggu Paskah) di berbagai gereja.

Perayaan Paskah, kata Sumarya yang memimpin lembaga pendidikan menengah untuk para calon pastor di Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu, juga membangkitkan semangat umat untuk bekerja keras dalam kehidupan sehari-hari karena dijiwai oleh roh-Nya.

Ia mengatakan ibadah Paskah oleh umat di berbagai gereja, antara lain ditandai dengan pembaruan janji baptis sebagai penguatan kembali iman mereka untuk selalu mengabdi kepada Allah dan menolak godaan setan.

Sumarya yang pastor dari ordo Yesuit ini juga mengemukakan, kehendak dan perintah Allah antara lain ditemukan umat dalam niat dan kehendak baik mereka masing-masing.

"Semoga itu tidak berhenti dalam niat dan kehendak baik saja, melainkan sungguh menjadi nyata dalam cara hidup dan cara bertindak kita," katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengutip ajakan Paus Fransiskus tentang keperluan perhatian terhadap generasi muda.

"Paus Fransiskus mengajak kita untuk senantiasa memberikan hidup baik kepada generasi muda, yang berarti generasi tua diharapkan baik adanya, sehingga mampu memberikan hidup baik kepada generasi muda," katanya.

(M029/M008)

Pewarta: Hari Atmoko
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013