Kunci utama dalam investasi bersama dengan mitra-mitra adalah keselarasan visi yang sustainable.
Kendari (ANTARA) - CEO PT Vale Indonesia Tbk Febriany Eddy menegaskan PT Vale berkomitmen untuk menghadirkan pertambangan yang berkelanjutan yang dapat dicapai dengan menerapkan praktik pertambangan yang baik atau "good mining practices".

Praktik pertambangan yang baik juga ditandai dengan tiga indikator, yakni lingkungan (environmental), sosial (social), dan tata kelola (governance) atau atau biasa diistilahkan dengan ESG, katanya dalam pernyataan tertulis yang diterima, Selasa.

Ia mengatakan, ESG telah lama menjadi bagian yang diterapkan di perusahaan. Segala keputusan yang tentu ambil sangat berhati-hati dan memikirkan dampak ESG-nya. Kami perlu upaya ekstra untuk menjaga komitmen dan konsistensi tersebut, ujar Febriany Eddy.

Febriany mencontohkan di Blok Sorowako, salah satu wilayah operasi PT Vale, termasuk ke dalam Garis Wallacea dengan keanekaragaman hayatinya. Hal itu menjadi tantangan pihak perusahaan untuk membuat perencanaan pertambangan nikel.

Menurut Febriany, selama 55 tahun hadir di Indonesia, PT Vale amat berkonsentrasi pada ESG untuk meminimalisasi dampak aktivitas pertambangan. Mulai dari membangun pabrik yang ramah lingkungan, pembangkit listrik minim emisi, sampai tata kelola limpasan tambang yang tidak mencemari lingkungan.

Upaya-upaya tersebut, kata Febri lagi, menjadi daya tarik bagi mitra-mitra kelas dunia untuk bergabung membangun bisnis pertambangan berkelanjutan di Indonesia, yakni Ford, Huayou, Xinhai, dan TISCO.

Dia optimis masa depan industri nikel di Indonesia bakal lebih cerah jika kita seluruh unsur baik pemerintah, masyarakat, dan pengusaha berkomitmen bersama menerapkan 'good mining practices'.

"Kunci utama dalam investasi bersama dengan mitra-mitra adalah keselarasan visi yang sustainable. Kami sangat menjunjung tinggi keberlanjutan. Jadi kolaborasi, kesamaan visi, dan komitmen penting bagi masa depan Industri Nikel tanah air," kata Febriany.
Baca juga: Vale Indonesia: Komposisi pemegang saham dilaporkan secara transparan
Baca juga: Vale Indonesia raih laba bersih 168,5 juta dolar AS di semester I 2023

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023