Nilai tukar rupiah sampai dengan 28 Juli 2023 secara year to date (ytd) tercatat menguat 3,13 persen ptp dari level akhir Desember 2022, lebih kuat dibandingkan dengan apresiasi Peso Filipina (1,55 persen), Rupee India (0,57 persen), dan Baht Thailan
Jakarta (ANTARA) - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan nilai tukar rupiah tetap terkendali dan mampu mendukung stabilitas perekonomian

“Nilai tukar rupiah sampai dengan 28 Juli 2023 secara year to date (ytd) tercatat menguat 3,13 persen ptp dari level akhir Desember 2022, lebih kuat dibandingkan dengan apresiasi Peso Filipina (1,55 persen), Rupee India (0,57 persen), dan Baht Thailand (0,28 persen),” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers KSSK di Jakarta, Selasa.

Menkeu mengatakan nilai tukar rupiah ke depan diperkirakan akan menguat seiring dengan akan meredanya ketidakpastian pasar keuangan global.

Penguatan nilai tukar rupiah ditopang oleh indikator fundamental ekonomi yang kuat, imbal hasil aset keuangan domestik yang menarik, dan dampak positif dari implementasi PP 36/2023 tentang Devisa Hasil Ekspor dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan, dan/atau Pengolahan Sumber Daya Alam (PP DHE SDA).

“Persepsi investor terhadap prospek perekonomian Indonesia juga menguat, tercermin pada peningkatan outlook sovereign credit rating Indonesia oleh lembaga pemeringkat R&I,” ujar Menkeu.

R&I menaikkan posisi Indonesia dari stabil menjadi positif dengan level rating tetap terjaga pada BBB+ (2 notch di atas level terendah investment grade) pada 25 Juli 2023.

Selain itu, penguatan ekonomi Indonesia juga didukung oleh permintaan domestik.

Bendahara Negara itu menjelaskan perekonomian triwulan II-2023 diprakirakan masih tumbuh kuat, ditopang oleh tren ekspansif aktivitas manufaktur dan peningkatan konsumsi rumah tangga.

Tren sektor manufaktur tercermin pada PMI Manufaktur yang meningkat ke level 53,3 pada Juli 2023, lebih tinggi dibandingkan Juni 2023 sebesar 52,5.

Sementara tren konsumsi rumah tangga meningkat didorong oleh terus naiknya mobilitas, membaiknya ekspektasi pendapatan, dan terkendalinya inflasi, serta dampak positif dari Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan pemberian gaji ke-13 kepada Aparatur Sipil Negara.

Perkembangan tersebut juga disertai Indeks Keyakinan Konsumen dan Indeks Penjualan Ritel yang masih terus bertumbuh.

Baca juga: KSSK: Stabilitas sistem keuangan triwulan II 2023 tetap terjaga

Baca juga: CORE: Rupiah relatif tangguh dibanding banyak mata uang lain

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023