perjanjian kerja sama ini saya harapkan meningkatkan ketersediaan sumber pangan karbohidrat maupun pakan ternak dan pemanfaatan lain
Jakarta (ANTARA) - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) membangun sinergi dalam pengembangan agribisnis sorgum yang terintegrasi dari hulu ke hilir sebagai salah satu upaya untuk menjaga stabilitas pangan di tengah ancaman dampak El Nino.

Upaya membangun ekosistem sorgum tersebut dilakukan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Tripartit antara NFA dengan PT Sang Hyang Seri (SHS) member of ID FOOD dan PT Sorgum Agrosolusi Indonesia mengenai sinergi pengembangan teknologi agribisnis sorgum melalui demonstrasi plot dalam rangka peningkatan ketersediaan pangan.

"Komitmen sinergi pengembangan teknologi agribisnis sorgum melalui perjanjian kerja sama ini saya harapkan dapat meningkatkan ketersediaan sumber pangan karbohidrat maupun sumber pakan ternak dan pemanfaatan lainnya," ujar Kepala NFA Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Selasa.

Arief menuturkan bahwa NFA bersama pemangku kepentingan terus mendorong dalam upaya memasyarakatkan sorgum sebagai pangan maupun pakan.

Hal paling mendasar menurutnya adalah bagaimana masyarakat bisa menerima dan terbiasa mengonsumsi sorgum.

“Setelah sorgum bisa menjadi sumber pangan yang konsisten dikonsumsi, selanjutnya produksi dan pasokan harus dijaga, tingkat volume produksinya,” tuturnya.

Baca juga: NFA tanam perdana sorgum untuk perkuat ketahanan pangan

Baca juga: Moeldoko sebut sorgum bisa menjadi energi alternatif


Arief juga mengungkapkan bahwa mengingat potensinya yang besar, pengembangan sorgum sebagai sumber pangan akan terus dioptimalkan melalui inovasi dan teknologi.

"Dengan adanya perjanjian kerja sama ini menjadi aksi nyata NFA bersama 'stakeholder' dalam meningkatkan produksi dan hilirisasi tanaman sorgum dan mengembangkan tanaman pengganti gandum untuk menjaga ketahanan pangan nasional, Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi yang meminta agar dipersiapkan substitusi pangan dan pakan serta diversifikasi dari produk tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sorgum Agrosolusi Indonesia Mohd. Hendry berharap kerja sama tersebut bisa terjalin dengan baik dan kuat sehingga nanti pihaknya mampu memenuhi kebutuhan pakan yang akan berdampak pada kestabilan pangan.

“Sinergi program dan kegiatan, sumber daya, prasarana dan sarana yang dimiliki untuk mewujudkan pengembangan teknologi agribisnis Sorgum melalui Demonstrasi Plot ini dalam rangka peningkatan ketersediaan pangan," ungkapnya.

Baca juga: Kementan antisipasi krisis pangan dengan budidaya sorgum

Baca juga: HKTI mengedukasi budi daya sorgum cocok hadapi El Nino


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023