Jakarta (ANTARA) - Sosok ayah lekat dengan peran sebagai pencari nafkah keluarga atau sosok di balik layar, namun pada saat ini kehadiran Ayah menjadi sama penting dan juga sejajar dengan kaum ibu.

"Perbedaannya, ayah hanya tak bisa hamil, melahirkan, dan menyusui," kata mom influencer Nadia dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut Nadia, kegiatan mengasuh anak adalah tugas kedua orang tua.

"Tugas mengasuh bukan hanya diberikan kepada ibu. Ayah juga harus berperan dalam mengasuh anak. Sebab, semua anak memiliki hak untuk dapat pengasuhan dan bimbingan dari kedua orang tuanya,” kata Nadia.

Baca juga: Caca Tengker ajak orang tua kenalkan anak cara kelola keuangan

Kehadiran ayah dalam keluarga memiliki peran yang penting dalam membentuk identitas anak. Ayah berperan sebagai sosok panutan, pelindung, dan pemimpin keluarga.

Keberadaan ayah juga memberikan kontribusi yang unik dalam hal interaksi, pendidikan, dan nilai-nilai yang ditransmisikan kepada anak.

Sebab, kehadiran ayah dan ibu sebagai keluarga merupakan tempat kali pertama seorang anak merasakan kasih sayang orang tua.

Keluarga adalah tempat menanam, merawat kasih sayang, dan belajar mempraktikkan hati yang melayani. Keluarga adalah tempat untuk bisa mengisi energi yang habis agar dapat melanjutkan karya lagi.

Baca juga: Kiat memilih dan menyimpan alat permainan untuk anak-anak

Berkaca dari hal ini, Vier Moments menggelar talk show edukasi tentang Pentingnya Peran Ayah dalam Keberhasilan Parenting

Vier Moments adalah sebuah Family & Holiday Photography Vendor di Bali yang menyediakan jasa dokumentasi momen di bidang foto dan video.

Tujuan Vier Moments menggelar edukasi tentang parenting adalah mewujudkan keharmonisan keluarga. Apalagi, audiens Vier Moments sebagian besar adalah keluarga.

“Alasan Vier Moments memilih tema Pentingnya Peran Ayah dalam Keberhasilan Parenting lantaran adanya fakta bahwa Indonesia menempati peringkat ke-3 fatherless di dunia. Melalui tema live session ini, kita dapat meningkatkan peran ayah dalam parenting sehingga anak-anak bisa merasakan kehadiran sosok ayah selalu di sekitar mereka,” ujar Dhika Ananta Prawira, pemilik Vier Moments.

Baca juga: Tips pengasuhan anak terbaik untuk orang tua bekerja

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023