Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen (Purn) Marciano Norman bakal menggencarkan kerja sama dengan universitas-universitas luar negeri untuk menunjang atlet, pelatih dan pengembangan sport science ke depannya.

Hal itu disampaikan Marciano Norman usai acara pelantikan pengurus KONI Pusat periode 2023-2027 di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Selasa.

"Kami akan terus melakukan kerja sama dengan universitas-universitas olahraga unggulan dunia yang bisa meningkatkan prestasi pelatih dan juga atlet kita," kata Ketua KONI Marciano Norman.

Marciano Norman mengatakan kerja sama dengan pihak-pihak universitas-universitas olahraga di dunia akan memberikan kesempatan bagi para pelatih dan atlet untuk belajar karena memperoleh pendidikan dan training camp.

"Saya rasa kerja sama dengan pihak luar itu yang kita lakukan untuk memberikan kesempatan kepada pelatih-pelatih Indonesia memperoleh sekolah disana, atlet-atlet juga akan menjalani training camp disana. Jadi kami akan terus melakukan kerja sama," kata Marciano Norman.

Baca juga: Ketua KONI harapkan pengurus muda mampu menyerap ilmu sebanyaknya

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh KONI Pusat yang telah menjalin hubungan dengan universitas-universitas di luar negeri untuk pengembangan sport science di Indonesia.

"Saya mengapresiasi langkah KONI yang melakukan kerja sama dengan universitas dengan negara-negara lain. Ini merupakan langkah baik untuk meningkatkan kualitas olahraga melalui SDM," kata Dito Ariotedjo.

Sebelumnya KONI bekerja sama dengan perusahaan teknologi informasi asal Korea Selatan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

KONI juga telah menggandeng Korea National Sport University (KNSU), Korea Selatan untuk pembinaan atlet-atlet muda Indonesia di cabang olahraga anggar.

Selain itu melalui sejumlah program terobosan, KONI seperti Pekan Olahraga Bela Diri, Pekan Olahraga Pantai, Pekan Olahraga Indoor, dan Pekan Olahraga Remaja diharapkan mampu untuk menjaring atlet di kejuaraan prestasi untuk Indonesia ke depannya.

Baca juga: Menpora harapkan KONI lebih inovatif dalam mengadakan pekan olahraga

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023