Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Jakarta Barat menyediakan layanan multi aspek lewat aplikasi Bantuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (BATIK).

Kepala Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Jakarta Barat, Andrie Yuswanto mengatakan, layanan tersebut antara lain terkait publikasi, infrastruktur digital serta aplikasi siber dan statistik.

"Untuk publikasi, misalnya, ada berita kontributor, publikasi media video dan grafis serta dukungan komunikasi dan informasi publik," kata Andrie saat dihubungi di Jakarta pada Selasa.

Selain itu, layanan tersebut terkait infrastruktur digital yang bisa diakses juga soal instalasi, penambahan dan penataan jaringan, penanganan permasalahan jaringan dan dukungan pertemuan lewat digital.

Baca juga: Sudin Kominfotik Jakbar sampaikan tujuh cara cegah penipuan siber
Baca juga: Pegawai dan warga di Jakbar diimbau sadar pengamanan dokumen


Sedangkan terkait aplikasi siber dan statistik, aplikasi BATIK menyediakan kontra penginderaan, pengamanan sinyal, instalasi antivirus dan optimalisasi komputer atau laptop. Selain itu pemulihan akun pemerintah yang diretas, sertifikat elektronik dan juga permohonan email jakarta.go.id.

"Ke depannya, dengan adanya BATIK ini, kami harap bisa meningkatkan layanan Sudis Kominfotik terkait publikasi, jaringan intra pemerintah, siber dan statistik," ungkap dia.

Hingga kini, pihaknya memfokuskan layanan pada aplikasi BATIK bagi internal unsur Pemerintah Kota Jakarta Barat (Jakbar).

"Sebelumnya sudah disampaikan dalam rapat pimpinan (rapim) dengan Pak Wali Kota Jakbar," katanya.

 Lewat aplikasi BATIK ini, menurut dia, semua unsur atau sektor pemerintah kota bisa melaporkan langsung karena selama ini belum ada pelayanan terkait hal ini.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023