Jakarta (ANTARA) - Ponsel pintar lipat pertama dari OnePlus yang dijuluki OnePlus Open dikabarkan akan sedikit terlambat untuk diluncurkan karena adanya perubahan pada produsen layarnya.

Kabar itu datang dari pembocor teknologi Max Jambor yang mengungkap bahwa pada awalnya OnePlus memilih perusahaan BOE dari China untuk mengerjakan layar mereka.

Namun tiba-tiba terjadi kendala yang akhirnya membuat OnePlus beralih ke perusahaan asal Korea yaitu Samsung sebagai produsen layarnya.

Dalam laporan GSM Arena, Selasa (1/8), pemilihan layar buatan Samsung tampaknya masuk akal mengingat OnePlus Open sempat disebut menggunakan rancangan dasar yang kurang lebih sama dengan Oppo Find N2 yang hanya rilis di China.

Baca juga: Oppo Find N3 muncul di CMIIT sebelum peluncuran Agustus 2023

Dalam temuan analisis Perusahaan Konsultan Teknologi asal Inggris yaitu Omdia, layar yang sama yaitu besutan Samsung juga digunakan pada Oppo Find N2.

Terdapat dua panel buatan Samsung yang digunakan di Oppo Find N2 yaitu satu untuk bagian depan dan satu lagi di bagian dalam.

Berbeda dengan Find N dan Find N2 Flip yang keduanya memilih untuk mencampur produsen layarnya, untuk bagian dalam mereka mengandalkan Samsung dan pada bagian luar mereka menggunakan layar dari BOE.

Meski begitu OnePlus Open tidak sepenuhnya didasari pada Find N2 karena adanya perbedaan ukuran.

Baca juga: OnePlus 12 diprediksi meluncur Desember 2023

Pada layar depan diketahui OnePlus Open mengusung ukuran 6,3 inci padahal untuk Oppo Find N2 diketahui memiliki ukuran layar depan 5,54 inci.

Sedangkan untuk layar bagian dalamnya OnePlus Open menggunakan layar berukuran 7,8 inci yang juga lebih besar dari Oppo Find N2 yang memiliki layar dalam 7,1 inci.

Meski awalnya diproyeksikan rilis pada 29 Agustus, namun jadwal itu akan mundur sedikit dengan detail waktu yang mungkin diumumkan dalam waktu dekat.

Setelah OnePlus Open keluar, peluncuran besar berikutnya untuk perusahaan itu ialah OnePlus 12 yang mungkin terjadi pada Desember 2023 untuk peluncuran ekslusif di China.

Sementara untuk peluncuran global, OnePlus 12 mungkin dikenalkan pada Januari 2024.

Baca juga: OnePlus siap masuk pasar ponsel pintar lipat di Q3 2023

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023