... juga sebagai suatu contoh harmonisasi kolaborasi yang sangat indah..
Jakarta (ANTARA) - Mitra Seni Indonesia akan berpartisipasi dalam pergelaran angklung terbesar di dunia dengan peserta terbanyak yaitu mencapai 15 ribu orang dari berbagai instansi, kementerian dan lembaga, mahasiswa, serta pelajar.

Pergelaran yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu (5/8) mendatang itu akan memecahkan rekor Guinness World of Records 2023 sebagai pertunjukan angklung dengan peserta terbanyak.

Mitra Seni Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan menyertakan tim pelatihan angklung sebanyak 40 peserta. Tim dari Mitra Seni Indonesia sebelumnya telah berlatih bersama tim gabungan yang dipandu oleh para pelatih khusus dari Saung Angklung Mang Udjo.

Baca juga: Angklung Indonesia meriahkan Festival Asian Women's Day di Sudan

Kegiatan Pemecahan Rekor Dunia Angklung 2023 diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju berdasarkan arahan dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo guna mendukung pelestarian budaya bangsa sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78.

Dalam perhelatan tersebut para pemain angklung akan memainkan lagu "Berkibarlah Benderaku" dan lagu internasional "Wind of Change".

"Kegiatan ini patut didukung bersama selain sebagai pelestarian budaya bangsa, juga sebagai suatu contoh harmonisasi kolaborasi yang sangat indah dan akan menggetarkan Gelora Bung Karno dengan alunan yang khas," kata Ketua Umum Mitra Seni Indonesia, Sari Ramdani Basri, dalam siaran resmi yang diterima Rabu.

Sari berharap kegiatan tersebut dapat menjadi momentum penting dalam pengembangan angklung sebagai salah satu alat kesenian tradisional Indonesia agar semakin dikenal dunia.

Selain kegiatan pertunjukan angklung untuk memecahkan rekor dunia, dalam waktu dekat Mitra Seni Indonesia juga akan ikut memeriahkan kegiatan ASEAN Summit dengan menghadirkan penampilan tarian tradisional dan paduan suara.

Mitra Seni Indonesia adalah perkumpulan yang menjadi wadah bagi para pecinta dan pelaku seni di mana terdapat berbagai kegiatan pelatihan yang digelar seperti angklung, arumba, kolintang, paduan suara, seni tari, dan lain-lain.

Baca juga: Pameran angklung terbesar hingga peragaan kebaya ramaikan HUT RI

Baca juga: Satpol PP siap amankan gelaran angklung terbesar di dunia dari PKK DKI

Baca juga: Angklung Gumati Nusantara komitmen lestarikan seni angklung di Jakarta

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023