Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemain Tim Nasional Bola Basket Indonesia dan staf pelatih yang berlaga di Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) takjub dengan stadion Indonesia Arena yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023.

"Pertama datang ke sini 'amazed'. Baru pertama kali main dengan tribun yang luas sekali, besar sekali," kata pemain Timnas Indonesia Yudha Saputera usai laga melawan Indonesia Patriots di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu.

Tidak hanya Yudha, pemain dari Indonesia Patriots Antoni Erga juga mengaku takjub dengan stadion bola basket terbesar yang dimiliki oleh Indonesia ini.

Pemain dari Satria Muda Pertamina Jakarta itu menyebut dirinya telah mengalami berbagai transisi bermain sejak di kampung halamannya Bangka Belitung, bermain di Jakarta yaitu Britama Arena, dan kini di Indonesia Arena.

Dalam ajang IIBI yang merupakan uji coba pertandingan untuk penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023, tidak seluruh kursi dipenuhi oleh penonton. Oleh karena itu dia berharap atmosfer yang lebih apabila seluruh kursi penuh dengan penonton.

"Lapangannya oke, lebih luas. Kalau penontonnya lebih banyak pasti akan lebih seru lagi," kata Erga yang pada pertandingan melawan Timnas Indonesia mencetak sembilan poin.

Baca juga: Timnas Indonesia buka IIBI dengan kemenangan lawan Patriots

Kepala Pelatih Indonesia Patriots Youbel Sondakh mengatakan adanya arena basket terbesar yang saat ini dimiliki oleh Indonesia sudah sejalan dengan perkembangan olahraga bola basket di Tanah Air.

"Saat masuk ke dalam dan melihat, wah akhirnya ada lapangan basket Indonesia yang berstandar internasional. Di Britama Arena pun belum berstandar internasional seperti di sini," katanya.

Dia berharap dengan semakin berkembangnya olahraga bola basket Indonesia, stadion Indonesia Arena bisa digunakan untuk lebih banyak lagi kompetisi bola basket baik nasional dan internasional dan dihadiri oleh banyak penonton.

"Dengan bola basket Indonesia yang terus naik, saya harap kursi-kursi terisi penuh. Itu sih yang kita tunggu," katanya.

Laga antara Timnas Indonesia melawan Indonesia Patriots menjadi pembuka ajang Indonesia International Basketball Invitational (IIBI). Timnas Indonesia menang atas Patriots dengan skor 82-56.

Baca juga: Pertandingan IIBI berubah, Timnas vs Indonesia Patriots di gim pembuka
Baca juga: Pemain Prawira dan Pelita Jaya bela Timnas Indonesia usai final IBL

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023