Jakarta (ANTARA) - Baskara Putra atau yang dikenal dengan nama panggung Hindia akan memberikan kejutan berbeda di tiap kota dalam tur untuk memperkenalkan album terbaru "Lagipula Hidup Akan Berakhir".

Pada tur yang akan digelar di Bandung, Surabaya, Semarang, dan Jakarta, pelantun “Cincin” itu mengatakan akan mengusung konsep dan tema yang berbeda di masing-masing kota.

“Dibilang tur juga bukan tur, karena kalau tur kan ya sudah kita buat satu format bawa saja ke kota lain, ukuran panggungnya, visualnya sama, tinggal diulang, sedangkan ini memang konsepnya beda semua, jadi persiapannya memang empat kali paralel,” Kata Hindia kepada ANTARA pada private showcase di Jakarta, Rabu (2/8) malam.

Baca juga: Hindia umumkan konser album di empat kota di Indonesia

Selain tema, pria kelahiran 22 Februari 1994 itu mengatakan akan melibatkan para penggemarnya dalam konser. Mereka akan diminta untuk mengirimkan berbagai media mulai dari foto, video, hingga pesan suara.

Materi yang dikirimkan itu, kata dia, akan diolah menjadi bagian dari lagu yang akan ia bawakan, mengisahkan masalah kehidupan sehari-hari yang dialami tiap orang, sehingga akan memberikan pengalaman yang berbeda dari sekadar menonton konser.

“Contohnya yang di Semarang itu kami bakal minta penonton mengirim beberapa macam media, voice note, foto, atau segala macam, itu akan kita jahit menjadi bagian dari cerita konser, namun mereka enggak tahu mana yang bakal terpilih, siapa, atau voice note nya siapa, jadi ya tunggu saja kejutannya,” jelas Hindia.

“Seperti di Surabaya kita bahkan mau mencari prom king dan prom queen,” kata dia menambahkan.

Baca juga: Hindia gelar konser album terbaru di empat kota

Tidak hanya itu, lagu-lagu yang akan dibawakan di tiap kota juga akan berbeda-beda, sekalipun terdapat beberapa lagu yang sama, lanjut Hindia, aransemen dari lagu tersebut juga akan dibedakan.

“Gagasan besarnya adalah kita mau membuat apa yang dilihat penonton di Bandung itu hanya ada di Bandung, enggak ada di Semarang, Jakarta, atau Surabaya,” imbuhnya.

Pelantun “Evaluasi” itu mengaku tidak akan membawakan seluruh lagu yang terdapat pada album keduanya, mengingat jumlahnya cukup banyak, yakni mencapai 28 lagu. Ia menyebut akan pula membawakan tembang-tembang terpopulernya dari album pertama “Menari dengan Bayangan” untuk menambah kemeriahan di atas panggung.

Baca juga: Hindia sebut album “Lagipula Hidup Akan Berakhir” capaian hidup

“Enggak mungkin bisa membawa seluruh lagu 28, kita mau, dan sebenarnya izinya ada acara sampai malam, namun pertunjukkannya jadi enggak menarik, jadi harus dipilih, dan dari pilihan itu ada lagu-lagu album pertama juga, tapi lagu yang mengikuti konsep tiap kota,” kata Hindia.

Perjalanan konser akan dimulai pada 13 Agustus 2023 di Surabaya. Kemudian, konser berlanjut pada 20 Agustus 2023 di Semarang, 23 Agustus 2023 di Bandung, dan berakhir pada 30 September 2023 di Jakarta.

Baca juga: Hindia gelar "listening session" jelang peluncuran album barunya

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023