Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia akan mendatangkan dua pelatih asal China untuk melatih tim nasional menjelang SEA Games 2013 di Myanmar.

"Pertengahan atau akhir April 2013 kami akan mendatangkan pelatih dari China yaitu Huang Qianghui untuk pelatih putra dan Liu Linqing untuk pelatih putri," kata manajer Pelatnas Angkat Besi SEA Games 2013 Dirdja Wihardja kepada Antara di Jakarta, Senin.

Pelatih asal China itu akan dikontrak hingga SEA Games 2013 berakhir dsan setelah itu dievaluasi yang jika memuaskan akan diperpanjang.

"Mudah-mudahan bisa mendongkrak prestasi, bukan hanya SEA Games tetapi juga ASEAN Games dan Olympic Games," ujarnya.

Dia menilai pelatih China ini memiliki keunggulan dalam melatih atlit, tidak hanya bepengalaman tetapi juga ahli ilmu pengetahuan dan teknologi cabang angkat besi.

Tim angkat besi Indonesia akan menjalani pemusatan latihan di Beijing untuk memantapkan persiapan menuju Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 dan SEA Games 2013, agar atlet bisa lebih fokus dan disiplin berlatih.

Tim  akan berangkat ke China Agustus nanti sebelum mengikuti ISG dan September seleksi terakhir SEA Games 2013. 

SEA Games ke-27 akan digelar pada Desember 2013 di Myanmar dengan mempertandingkan 33 cabang olahraga, diantaranya angkat besi. 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013