Saya sangat tidak setuju dengan keputusan Fitch, dan saya yakin itu sama sekali tidak beralasan
McLean, Virginia (ANTARA) - Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada Rabu (2/8/2023) menyuarakan lebih banyak keluhan tentang penurunan peringkat kredit utama AS oleh Fitch Ratings, menyebutnya "sama sekali tidak beralasan" karena mengabaikan peningkatan metrik tata kelola selama pemerintahan Biden dan kekuatan ekonomi negara.

Berbicara di kantor kontraktor Internal Revenue Service (IRS) dekat Washington, Yellen mengatakan pengumuman lembaga pemeringkat pada Selasa (1/8/2023) gagal memperhitungkan ekonomi AS yang tangguh, dengan tingkat pengangguran yang rendah, penurunan inflasi, pertumbuhan berkelanjutan, dan inovasi yang kuat.

"Keputusan Fitch membingungkan mengingat kekuatan ekonomi yang kita lihat di Amerika Serikat," kata Yellen. "Saya sangat tidak setuju dengan keputusan Fitch, dan saya yakin itu sama sekali tidak beralasan."

Dia mengatakan "penilaian cacat" Fitch didasarkan pada data yang sudah ketinggalan zaman dan gagal mencerminkan perbaikan dalam indikator tata kelola AS selama dua setengah tahun terakhir pemerintahan Presiden Joe Biden.

"Pada akhirnya, keputusan Fitch tidak mengubah apa yang kita semua sudah tahu: bahwa sekuritas pemerintah AS tetap menjadi aset aman dan likuid terkemuka di dunia, dan ekonomi Amerika secara fundamental kuat," tambah Yellen, dikutip dari Reuters.

Fitch mengutip kemunduran dalam tata kelola AS yang dimulai selama pemerintahan Trump sebelumnya dalam membuat keputusannya, menurut pejabat pemerintah Biden.

Laporan Fitch Juli 2022 yang merevisi prospek kredit AS menjadi "stabil" dari "negatif" mengatakan kegagalan mantan Presiden Donald Trump untuk mengakui pemilu 2020 "tidak memiliki kesamaan baru-baru ini dengan negara-negara berperingkat sangat tinggi lainnya," sambil mencatat peningkatan ekspektasi utang. Itu menunjukkan sedikit peningkatan dalam skor model peringkat pada tahun 2022 selama masa jabatan Biden.

Ketua Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih Jared Bernstein bergabung dengan paduan suara pejabat pemerintah Biden yang marah, menyebut langkah itu "aneh" dan "sewenang-wenang".

"Saya pikir waktunya sangat aneh ... Fitch tampaknya menghukum kru pembersihan ketika orang yang merusak ruangan sudah lama pergi," kata Bernstein kepada CNBC, mengacu pada Trump.

Dia menambahkan bahwa tugas pemerintahan Biden adalah "memastikan bahwa kita memiliki ekonomi makro yang sehat dan tumbuh yang menjangkau rumah tangga Amerika yang merupakan inti dari Bidenomics."

Richard Francis, direktur senior di Fitch, mengatakan kepada Reuters pada Rabu (2/8/2023) bahwa kemerosotan tata kelola AS sebagian tercermin dalam pemberontakan 6 Januari 2021 di Capitol AS ketika Trump berusaha untuk membatalkan hasil pemilu 2020.

Tetapi Francis mengatakan penurunan itu juga tercermin dalam pertarungan pagu utang tahun ini, dan meningkatnya polarisasi kedua partai politik besar, membuat kompromi lebih sulit dicapai.

Dalam keputusannya untuk memangkas peringkat AS satu tingkat menjadi AA+ dari AAA, Fitch juga mengutip penurunan fiskal selama tiga tahun ke depan yang akan meningkatkan defisit dan mengulangi negosiasi plafon utang yang mengancam kemampuan pemerintah AS untuk membayar tagihannya.

Yellen mengatakan bahwa tanggung jawab fiskal adalah prioritas baginya dan Biden, dan kesepakatan batas utang Juni yang dia capai dengan Partai Republik mencakup pengurangan defisit lebih dari 1 triliun dolar AS selama 10 tahun.

Anggaran 2024 yang diusulkan Biden, yang mencakup kenaikan pajak besar-besaran pada individu dan perusahaan kaya, juga akan mengurangi defisit sebesar 2,6 triliun dolar AS selama 10 tahun ke depan.

Yellen mengatakan investasi untuk memodernisasi IRS dan meningkatkan penegakan pajak, yang didanai oleh 60 miliar dolar AS sumber daya baru yang disediakan oleh Undang-Undang Pengurangan Inflasi tahun lalu, akan memangkas defisit hingga "ratusan miliar dolar" selama satu dekade.

Baca juga: Peringkat utang AS dorong pelaku pasar keluar dari aset berisiko
Baca juga: Fitch pangkas peringkat kredit AS satu tingkat dari AAA menjadi AA+

Baca juga: Yellen: China dan AS berkomunikasi untuk jembatani perbedaan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023