Jakarta (ANTARA) - Saat berhadapan dengan ruang kecil, mungkin sulit untuk memasukkan furnitur dengan ukuran besar di dalam rumah, karenanya perlu strategi untuk memaksimalkan penggunaan ruangan. 
 
Disiarkan dari Hindustan Times, Selasa (2/8), Kepala Pengembangan Bisnis di Amardeep Design Devesh Shah, merekomendasikan sebelum membeli furnitur apa pun, ukurlah dimensi ruangan Anda seperti panjang, lebar, dan tinggi area.
 
Ini akan membantu Anda menentukan ukuran maksimum furnitur yang dapat dipasang dengan nyaman tanpa membebani ruang. Furnitur yang bersifat modular memungkinkan Anda menyesuaikan konfigurasi berdasarkan kebutuhan dan ruang yang tersedia.
 
Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan ruangan sempit dengan lima ide furnitur berikut.

Baca juga: Toko furniture KATTA Indonesia resmi hadir di Jakarta
 
1. Meja ringkas: Meja bergaya dan ringkas yang dirancang untuk memaksimalkan ruang sekaligus memastikan kepraktisan tetap menjadi yang terdepan. Meja ini biasanya dibuat khusus untuk apartemen kecil, kantor, kamar asrama, atau area terbatas di mana ruang merupakan komoditas berharga.
 
Dengan estetika yang ramping dan modern, meja yang ringkas dengan mudah menyatu dengan dekorasi interior apa pun, menjadi bagian yang mulus dari lingkungan hidup atau kerja Anda. Baik gaya minimalis, eklektik, atau klasik, meja serbaguna ini menambahkan sentuhan elegan dan fungsionalitas pada ruangan.
 
2. Meja lipat: Meja Lipat didesain sangat ringan, membuatnya mudah untuk dipindahkan dan disimpan saat dibutuhkan. Ini dengan mudah menyesuaikan untuk mengakomodasi kebutuhan yang selalu berubah atau keterbatasan ruang.
 
Meja lipat memungkinkan fleksibilitas untuk mengubah ruang kerja, mengatur ulang ruang tamu, atau bahkan membawanya dalam perjalanan. Meja lipat mudah menyesuaikan untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang.
 
3. Penyimpanan vertikal: Ketika ruang lantai tidak terlalu luas, penting untuk memanfaatkan ruang vertikal secara efektif. Berinvestasilah pada perabot yang menawarkan solusi penyimpanan vertikal.
 
Rak buku dari lantai ke langit-langit atau lemari yang dipasang di dinding menyediakan penyimpanan yang cukup tanpa mengganggu ruang lantai. Selain itu, pertimbangkan bangku penyimpanan atau meja kopi dengan kompartemen tersembunyi agar ruang tamu tetap rapi dan tidak berantakan.

Baca juga: Tips memilih furniture rumah ala Dian Sastrowardoyo
 
4. Furnitur yang dapat dilipat dan ditumpuk: Fleksibilitas adalah kunci dalam ruang kecil, dan item furnitur yang dapat dilipat atau ditumpuk menawarkan hal itu. Kursi lipat, meja bersarang, dan bangku yang dapat dilipat adalah pilihan yang sangat baik yang dapat dengan mudah disimpan saat tidak digunakan, menciptakan ruang tambahan untuk aktivitas atau pergerakan.
 
5. Tempat duduk fungsional: Kursi bar adalah pilihan tempat duduk fungsional yang menawarkan ketinggian, aksesibilitas, manfaat hemat ruang, keserbagunaan, suasana santai, daya tarik estetika, kemudahan, dan kenyamanan ergonomis.
 
Mempertimbangkan faktor-faktor ini, furnitur dapat menjadi tambahan yang berharga untuk ruang hunian dan komersial, memberikan pilihan tempat duduk yang nyaman sekaligus meningkatkan suasana keseluruhan.
 
Kursi bar ringkas tidak memakan tempat dan ideal untuk ruang makan kecil atau area di mana memaksimalkan ruang diperlukan.
 
Kursi bar sangat serbaguna dan juga bisa digunakan di berbagai pengaturan, seperti bar rumah, meja dapur, ruang permainan, teras luar ruangan, atau bahkan di tempat komersial.

Baca juga: Peran rak arsip dalam menata ruang kerja

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023