berharap agar ke depan semakin banyak perusahaan di Karawang yang ikut turun tangan menangani stunting
Karawang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggulirkan Desa Bebas Stunting di salah satu desa di Kecamatan Kotabaru yang sebelumnya masuk kategori kecamatan dengan kasus stunting tertinggi di wilayah Karawang.

"Program Desa Bebas Stunting ini merupakan inovasi yang digagas TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Karawang bersama pihak swasta," kata Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, di Karawang, Kamis.

Ia menyampaikan kalau kerja sama dengan pihak swasta itu juga bagian dari pelaksanaan konsep kerja sama pentahelix, yakni konsep multi pihak yang melibatkan unsur pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat dan pihak lainnya.

Program inovasi Desa Bebas Stunting direalisasikan di Desa Pangulah Utara, Kecamatan Kotabaru, Karawang.

Menurut dia, program tersebut digulirkan dengan tujuan mempercepat program penurunan stunting di Karawang dengan skema kerja sama pentahelix, sehingga semua pihak bergerak bersama dalam mengintervensi penanganan kasus stunting di tingkat desa.

Baca juga: Wabup Karawang: Upaya penurunan stunting harus lebih digencarkan
Baca juga: Pemkab Karawang minta bantuan perusahaan dalam penanganan stunting
Baca juga: Ketua TP PKK Kota Madiun minta orang tua rajin bawa balita ke posyandu



Aep yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Karawang mengatakan, inovasi Desa Bebas Stunting ini merupakan hal baru yang sedang digulirkan Pemkab Karawang.

Untuk pendanaannya, kata dia, menggunakan anggaran dari pihak swasta, yakni melalui dana corporate social responsibility (CSR)
​​​​​​​atau tanggung jawab sosial perusahaan.

"Berharap agar ke depan semakin banyak perusahaan di Karawang yang ikut turun tangan menangani stunting," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karawang, Sofiah, sebelumnya menyebutkan, berdasarkan hasil penimbangan pada Februari 2023, kasus stunting di Karawang jumlahnya mencapai 2.779 anak.

Kasus stunting di wilayah Karawang itu tersebar di hampir seluruh kecamatan sekitar Karawang. Namun kasus stunting tertinggi berada di Kecamatan Kotabaru, sebanyak 341 anak.

Salah satu desa di Kecamatan Kotabaru, kini telah digulirkan Desa Bebas Stunting, hasil kerja sama pemkab dengan pihak swasta. 

Baca juga: Komisi IX DPR RI ajak Kampung KB gotong royong turunkan stunting
Baca juga: BKKBN: Pendataan keluarga untuk percepat penurunan prevalensi stunting
Baca juga: Kepala BKKBN ajak Forum Genre buat inovasi seputar kesehatan keluarga

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023