Bagi penerimanya dibebaskan biaya pendaftaran seleksi, kemudian biaya kuliah gratis sampai lulus serta bantuan biaya hidup yang disesuaikan akreditasi program studi dan ketentuan lainnya.
Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan mendapatkan kuota penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebanyak 516 mahasiswa baru angkatan tahun 2023 jalur masuk Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

"Animo pendaftar penerima KIP Kuliah tahun ini cukup tinggi bahkan melebihi kuota yang diberikan, yakni lebih dari 1.400 orang," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM Muhamad Rusmin Nuryadin di Banjarmasin, Kamis.

Untuk menampung mereka yang tak bisa mendapatkan KIP Kuliah, ULM pun mengalihkan sebagian mahasiswa untuk bisa menerima program beasiswa lainnya.

Di antaranya beasiswa IBFL Batch 4 PT Adaro Indonesia kurang lebih 100 orang mahasiswa, beasiswa Effort PT Arutmin kurang lebih sebanyak 30 orang dan beasiswa Etos id sebanyak empat orang.

Rusmin menyebut sebenarnya masih banyak mahasiswa yang layak memperoleh KIP Kuliah namun tidak tertampung kuota, disamping itu juga ada mahasiswa memang tidak layak mendapatkannya berdasarkan hasil verifikasi tim universitas.

Oleh karena itu bagi mahasiswa yang layak memperoleh KIP Kuliah namun tidak tertampung karena keterbatasn kuota, akan ditawarkan untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan atau uang kuliah tunggal (UKT) yang diberikan selama delapan semester oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Bagi penerimanya dibebaskan biaya pendaftaran seleksi, kemudian biaya kuliah gratis sampai lulus serta bantuan biaya hidup yang disesuaikan akreditasi program studi dan ketentuan lainnya.
Baca juga: ULM gratiskan uang kuliah tunggal studi lanjut bagi lulusan terbaik
Baca juga: ULM terjunkan 192 mahasiswa bangun ekonomi berkelanjutan di Tahura 
Baca juga: ULM kirim mahasiswa mengajar anak-anak TKI di Malaysia

Pewarta: Firman
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023