Kami berharap untuk program transmigrasi itu tidak terlalu konvensional. Kami ingin ada akselerasi untuk lebih cepat mengembangkan kawasan transmigrasi
Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengajak generasi milenial di provinsi itu ikut berpartisipasi mendukung program transmigrasi.

"Kami mendorong masyarakat, khususnya generasi milenial, ikut berpartisipasi juga dalam program transmigrasi," kata Kepala Bidang Pelindungan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans DIY Elly Supriyanti di Yogyakarta, Jumat.

Elly menuturkan selama ini program transmigrasi masih diimplementasikan dengan berbagai kegiatan seperti mengolah lahan pertanian, berkebun, hingga berwirausaha.

Menurut dia, hingga saat ini program transmigrasi masih bersifat konvensional tanpa ada upaya akselerasi mengembangkan kawasan dengan memberikan sentuhan teknologi.

"Kami berharap untuk program transmigrasi itu tidak terlalu konvensional. Kami ingin ada akselerasi untuk lebih cepat mengembangkan kawasan transmigrasi," ujarnya.

Karena itu, menurut Elly, dibutuhkan pula calon transmigran millenial sebagai kalangan yang lebih berkompeten dalam pemanfaatan piranti digital.

Baca juga: Kemendes PDTT susun RPJP demi program transmigrasi lebih baik

"Dibutuhkan yang seperti itu, jadi tidak konvesional lagi. Sudah ada sentuhan-sentuhan teknologi sehingga bisa mengakselerasi," katanya.

Dia mengakui hingga saat ini jumlah alokasi transmigrasi reguler untuk DIY mengalami tren penurunan setiap tahun, meski berdasarkan data pendaftaran di kabupaten/kota pada tahun ini animo cukup besar mencapai 311 pendaftar.

Pada 2022 DIY memperoleh alokasi 51 Kepala Keluarga (KK) dan tahun ini turun menjadi 20 KK.

Berdasarkan data Disnakertrans DIY selama 15 tahun terakhir sejak 2008 sampai 2022, DIY telah mengirimkan transmigran sebanyak 2.116 KK atau 6.823 jiwa ke berbagai wilayah di Sulawesi, Kalimantan, serta Sumatera.

"Alhamdulillah transmigran yang kami kirim sudah meningkat taraf hidupnya," ucap Elly.

Baca juga: Kemendes PDTT: Kemajuan desa di Indonesia alami akselerasi
Baca juga: Cak Imin: Transmigrasi program yang berhasil




 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023