Pontianak (ANTARA) - Wakil Bupati Bengkayang, Kalimantan Barat, Syamsul Rizal meminta peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan IX yang digelar di Sungai Raya Kepulauan agar bisa membantu masyarakat setempat dalam pengemasan produk lokal.

"Mahasiswa dapat ikut andil dalam membantu masyarakat untuk menemukan cara efektif dalam mengemas produk-produk lokal seperti hasil laut dan produk turunannya agar dapat dijual dengan harga yang baik dan bermutu tinggi," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Jumat.

Ia menambahkan bahwa dalam KKN Kebangsaan di Sungai Raya Kepulauan selama tiga pekan ke depan, berbagai tantangan yang dihadapi nelayan juga diharapkan bisa dapat dimotivasi dan digali potensinya dengan maksimal.

Baca juga: Gubernur Kalbar kenalkan perbatasan pada peserta KKN Kebangsaan

"Kecamatan Sungai Raya Kepulauan merupakan daerah pesisir dengan mayoritas penduduk 62 persen berprofesi sebagai nelayan, sehingga sebagian besar juga sangat bergantung pada hasil laut," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Universitas Tanjungpura Pontianak Junaidi yang turut mendampingi pelepasan mahasiswa peserta KKN Kebangsaan di wilayah Kecamatan Sungai Raya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Bengkayang yang telah bersedia menjadi tuan rumah KKN Kebangsaan.

Junaidi menjelaskan, ratusan mahasiswa dari puluhan perguruan tinggi di Indonesia akan melaksanakan kegiatan selama 21 hari atau tiga pekan. Selain diikuti perguruan tinggi di Indonesia, kegiatan KKN Kebangsaan ini juga akan diikuti oleh peserta mahasiswa dari Universiti Malaysia Sarawak.

Baca juga: 951 mahasiswa dari 74 PT se-Indonesia ikuti KKN Kebangsaan di Kalbar

"Peserta KKN Kebangsaan agar memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan baik. Terutama bagi peserta yang melaksanakan KKN kebangsaan di wilayah Sungai Raya Kepulauan. Manfaatkan kesempatan yang baik ini karena daerah pesisir tersebut memiliki banyak potensi,” kata dia.

Selain itu, Junaidi juga meminta perangkat desa agar memberikan bimbingan dan dukungan kepada para peserta KKN Kebangsaan.

“Kami menitipkan adik-adik mahasiswa kepada semua perangkat desa, sehingga dapat dibina dan dibimbing dengan baik,” kata dia.

Baca juga: 92 desa perbatasan di Kalbar jadi sasaran KKN Kebangsaan

Universitas Tanjungpura Pontianak didaulat sebagai tuan rumah KKN Kebangsaan XI 2023 yang digelar di Kalimantan Barat. Khusus di Kabupaten Bengkayang, tercatat ada 491 mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta KKN Kebangsaan IX dan telah disebar di 50 desa di seluruh Kabupaten Bengkayang.

Pewarta: Dedi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023