Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat menyatakan siap menyukseskan Kerja Kuliah Nyata (KKN) Kebangsaan yang akan diikuti 1.000 seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

"Bersyukur Kabupaten Sambas menjadi sasaran KKN Kebangsaan 2023 selain Bengkayang. KKN Kebangsaan yang segera dilakukan mahasiswa seluruh Indonesia dikomandoi oleh Universitas Tanjungpura sebagai tuan rumah," ujar Bupati Sambas, Satono saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Ia menjelaskan ada 92 desa yang ada di Sambas dan Bengkayang menjadi lokasi KKN Kebangsaan 2023. Sekitar 100 mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia berpartisipasi dalam agenda besar tersebut.

"Kegiatannya akan dimulai 20 Juli sampai 20 Agustus 2023. Jadi sekitar satu bulan KKN Kebangsaan akan dilaksanakan di Kabupaten Sambas. Pertemuan dengan LPPM Universitas Seluruh Indonesia hari ini merupakan tahap persiapan," jelas dia.

Baca juga: 92 desa perbatasan di Kalbar jadi sasaran KKN Kebangsaan

Baca juga: Untan jadi tuan rumah KKN kebangsaan XI tahun 2023


Sementara, Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Garuda Wiko selaku tuan rumah KKN Kebangsaan 2023 mengatakan kegiatan tersebut diharapkan mampu memberi pelajaran aktual kepada mahasiswa.

"Pengabdian dan dedikasi para mahasiswa selama KKN nantinya diharapkan mampu membawa perubahan. KKN Kebangsaan ini sebagai ajang mengembangkan kemampuan dan kerjasama antar mahasiswa," katanya.

Sebelumnya, Sementara itu, Perwakilan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti, Kemendikbud RI, Daniex Wardhani Ratnaningrum menyampaikan bahwa pemilihan Untan Pontianak sebagai tuan rumah melalui proses yang panjang yakni dengan kompetisi.

"Untuk menjadi tuan rumah tentu melalui kompetisi dan seleksi. Terpilihnya Untan Pontianak karena memang sangat tepat. Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Untan Pontianak menjadi tuan rumah. Melalui KKN Kebangsaan ini menjadi wujud peran serta dan kontribusi perguruan tinggi kepada masyarakat," ucap dia.

Baca juga: Gubernur dorong peserta KKN Kebangsaan berinovasi bantu pembangunan

Baca juga: KKN Kebangsaan di Kalteng dukung pengembangan lumbung pangan nasional

 

Pewarta: Dedi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023