Pontianak (ANTARA) - Sebanyak 92 desa di daerah perbatasan di Provinsi Kalbar menjadi sasaran Kerja Kuliah Nyata (KKN) Kebangsaan XI 2023 yang akan diikuti 52 perwakilan perguruan tinggi di Indonesia.

"Dari 92 desa sasaran KKN Kebangsaan XI tersebut tersebar di dua kabupaten yakni 42 desa di Kabupaten Sambas dan sebanyak 50 desa di Kabupaten Bengkayang," ujarnya Ketua Ketua Panitia KKN Kebangsaan XI, Eka Pribadi di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan dalam KKN Kebangsaan XI 2023, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak menjadi tuan rumah atau panitia penyelenggara kegiatan sebagaimana penetapan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi No. 8218/E2/DT.01.01/2022 tanggal 17 November 2022.

"Diperkirakan total mahasiswa yang akan mengikuti KKN Kebangsaan XI 2023 sebanyak 1.000 orang, termasuk nanti perwakilan mahasiswa dari Malaysia dan Brunei Darussalam. Mereka akan ditempatkan selama sebulan penuh di desa-desa perbatasan di Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang mulai 20 Juli sampai 20 September 2023," kata dia.

Baca juga: Untan jadi tuan rumah KKN kebangsaan XI tahun 2023

Baca juga: Gubernur dorong peserta KKN Kebangsaan berinovasi bantu pembangunan


Sementara itu, Perwakilan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti, Kemendikbud RI, Daniex Wardhani Ratnaningrum menyampaikan bahwa pemilihan Untan Pontianak sebagai tuan rumah melalui proses yang panjang yakni dengan kompetisi.

"Untuk menjadi tuan rumah tentu melalui kompetisi dan seleksi. Terpilihnya Untan Pontianak karena memang sangat tepat. Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Untan Pontianak menjadi tuan rumah. Melalui KKN Kebangsaan ini menjadi wujud peran serta dan kontribusi perguruan tinggi kepada masyarakat," ucap dia.

Sementara itu, Kodam XII Tanjungpura melalui Brigjen TNI Jauhari menyampaikan bahwa KKN Kebangsaan sebagai sarana strategis memperkuat dan mempererat anak bangsa untuk menyelesaikan persoalan bangsa. Oleh karena itu Pangdam sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan siap mengerahkan segala kemampuan untuk menyukseskannya.

"Kami berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan kegiatan nasional di Kalbar ini. Kami siap mengerahkan dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan siap mengerahkan segala kemampuan," papar dia.

Baca juga: KKN Kebangsaan di Kalteng dukung pengembangan lumbung pangan nasional

Baca juga: Sembilan mahasiswa Unand ikuti KKN Kebangsaan di Palangka Raya

 

Pewarta: Dedi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023