Penghargaan ini tentunya akan terus memotivasi PLN UIP Sulawesi dalam menerapkan budaya K3 di lingkungan kerja serta berupaya untuk mewujudkan Kecelakaan Nihil atau Zero Accident karena tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia
Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi meraih 16 Penghargaan pada ajang Penganugerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2023 tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

"Pada tingkat nasional PLN UIP Sulawesi berhasil meraih enam penghargaan oleh Menteri Ketenagakerjaan dan total 10 penghargaan di tingkat provinsi oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan," kata General Manager PLN UIP Sulawesi, Defiar Anis dalam keterangan persnya di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, penghargaan yang didapatkan merupakan simbol keberhasilan UIP Sulawesi beserta Unit Pelaksananya dalam mewujudkan lingkungan kerja yang aman.

“Penghargaan ini tentunya akan terus memotivasi PLN UIP Sulawesi dalam menerapkan budaya K3 di lingkungan kerja serta berupaya untuk mewujudkan Kecelakaan Nihil atau Zero Accident karena tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia,” katanya.

Adapun penghargaan yang diterima PLN UIP Sulawesi diantaranya Penghargaan Sertifikasi Emas & Bendera Emas SMK3 Tingkat Lanjutan (166 Kriteria) dari Menteri Ketenagakerjaan. Termasuk penghargaan kategori Kecelakaan Nihil dari Menteri Ketenagakerjaan.

Selain itu, penghargaan dalam upaya Pencegahan & Penanggulangan COVID-19 di tempat kerja dari Menteri Ketenagakerjaan RI.

Sedang penghargaan Kecelakaan Nihil dan penghargaan P2K3 dari Gubernur Sulawesi Selatan. Termasuk penghargaan Pencegahan & Penanggulangan COVID-19 di tempat kerja dari Gubernur Sulawesi Selatan.

"Termasuk penghargaan Pencegahan & Penanggulangan HIV dan Kinerja K3 Terbaik dari Gubernur Sulawesi Selatan," kata Defiar.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel Ardiles Saggaf menyampaikan apresiasnya mewakili Gubernur Sulsel.

"Selamat kepada Perusahaan penerima penghargaan, penghargaan ini hanya seremonial semata namun penerapan K3 dalam setiap kegiatan adalah hal yang paling utama," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Sulsel, Ardiles.

Ia juga menyampaikan pentingnya K3 di lingkungan kerja, K3 atau Safety merupakan aspek penting dalam lingkungan kerja, sebab ada banyak bahaya dan risiko yang tinggi dalam pekerjaan sehingga setiap perusahaan wajib untuk menginisiasi dan meningkatkan pemahaman, pelatihan, serta melengkapi fasilitas K3 yang dimiliki.

Baca juga: PLN UIP Sulawesi uji coba operasi Pembangkit Lero Tatari Donggala

Baca juga: PLN UIP Sulawesi dorong capaian TKDN untuk infrastruktur KEK Likupang

 
Penyerahan Penghargaan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel Ardiles Saggaf kepada pegawai PLN UIP Sulawesi di Ruang Utama Kantor Gubernur Sulsel,. Antara/ HO-PLN UIP Sulawesi

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023