Saya mengajak para mahasiswa untuk membangun Belitung mari berikan legacy atau warisan yang mendalam bagi Belitung.
Belitung (ANTARA) - Wakil Ketua Panitia Pusat Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs) 2023 Kuswaji Dwi Priyono mengatakan mahasiswa peserta KKN MAs 2023 siap mempromosikan potensi pariwisata Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sehingga dikenal masyarakat luas.

"Para mahasiswa nantinya setelah pulang dari KKN MAs 2023 akan menjadi duta wisata, mereka akan memviralkan wisata yang ada di Belitung," kata Kuswaji, usai acara serah terima KKN MAs 2023, di Tanjung Pandan, Belitung, Jumat.

Ia mengatakan, pemilihan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai lokasi pelaksanaan KKN MAs 2023 ditentukan sejak satu tahun lalu di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Di sana ditentukan sejak setahun lalu, jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan siap, kemudian untuk tahun depan KKN MAs akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah," ujarnya.

Dia menyatakan pula, KKN MAs 2023 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diikuti sebanyak 47 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTMA) di Indonesia.

Para mahasiswa peserta KKN MAs 2023 tersebar di lima kabupaten Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, dan Belitung Timur.

"Waktu pelaksanaan KKN MAs 2023 adalah 40 hari, total ada 170 PTMA di seluruh Indonesia, namun untuk peserta KKN MAs 2023 di Babel berasal dari sebanyak 47 PTMA," katanya lagi.

Dia menyebutkan, KKN MAs 2023 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membawa tema besar yakni tentang ecotourism. Selain itu, KKN MAs 2023 juga mengusung tema pelestarian lingkungan hidup.

"Karena beberapa wilayah utamanya yang di Bangka banyak sekali bekas galian tambang, sehingga beberapa space dari wilayah pantai juga perlu direklamasi berkaitan dengan abrasi," ujarnya pula.

Wakil Bupati Kabupaten Belitung Isyak Meirobie di Tanjung Pandan, Jumat, mengajak mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAS) 2023 untuk membangun Belitung.

"Saya mengajak para mahasiswa untuk membangun Belitung mari berikan legacy atau warisan yang mendalam bagi Belitung," katanya pula.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung dirinya mengucapkan selamat datang kepada sebanyak 84 mahasiswa KKN MAS 2023 di Kabupaten Belitung.

Ia mengaku senang dan berterima kasih, karena telah memilih Belitung sebagai lokasi pelaksanaan KKN MAS 2023.

Menurutnya, pemilihan Belitung sebagai lokasi KKN MAS 2023 memiliki arti yang sangat penting bagi masyarakat di desa lokasi pelaksanaan KKN MAS.

"Terima kasih sudah memilih Belitung sebagai lokasi pelaksanaan KKN MAS 2023 ini memiliki arti yang sangat mendalam buat masyarakat kami di Kecamatan Membalong dan Selat Nasik," kata dia.

Wabup mengajak, mahasiswa dapat membangun Belitung melalui kegiatan pelaksanaan KKN MAS 2023 yang akan berlangsung selama 40 hari.

"Tinggalkan warisan dan kesan yang mendalam bagi Belitung, sehingga apabila masyarakat menangis saat Anda tinggalkan itu berarti KKN Anda berhasil," ujarnya.
Baca juga: 1.000 mahasiswa se-Indonesia ikuti KKN Muhammadiyah-Aisyiyah di Babel

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023