pemberdayaan ekonomi umat menjadi tema yang dipilih
Jakarta (ANTARA) - Kanwil Kemenag DKI Jakarta mengapresiasi prestasi yang ditoreh pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Duren Sawit Uken Sukmaningsih usai dinyatakan lolos mengikuti ajang Penyuluh Agama Islam (PAI) Award 2023 Tingkat Nasional.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar mendukung penuh hasil karya dan dedikasi yang ditunjukkan Uken pada ajang PAI Award Tingkat Nasional.

“Sebagai penyuluh inovatif program KUA menjadi percontohan ekonomi umat, pemberdayaan ekonomi umat menjadi tema yang dipilih Ibu Uken dalam ajang yang telah dilaksanakan,” kata Cecep melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Cecep mengatakan Uken menjadi salah satu pegawai di lingkungan Kanwil Kemenag DKI Jakarta yang lolos mengikuti ajang penghargaan tingkat nasional pada kategori Pemberdayaan Ekonomi Umat yang digelar Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI tersebut.

Cecep menuturkan tema pemberdayaan ekonomi umat yang diusung Uken sebagai percontohan bisa meningkatkan derajat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

“Dengan meningkatkan kehidupan umat yang lebih baik akan memberikan suatu tekanan kehidupan sejahtera bagi umat beragama khususnya,” tutur Cecep.

Sementara itu, Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA) Kecamatan Duren Sawit Uken Sukmaningsih menjelaskan Kemenag RI menjalankan pemberdayaan ekonomi umat yang diterapkan sebagai program KUA percontohan.

Uken menyebutkan program Kemenag RI itu untuk mengentaskan kemiskinan melalui layanan zakat dan wakaf di KUA termasuk Kecamatan Duren Sawit dengan penanggung jawab penyuluh agama.

Uken mengungkapkan program pemberdayaan ekonomi umat menyasar sepuluh penerima manfaat, antara lain calon pengantin/pengantin usia muda, keluarga terdampak COVID-19, keluarga binaan penyuluh, dan dhuafa yang memiliki usaha.

Uken menawarkan program sepuluh penerima manfaat tersebut mendapatkan bantuan dana sebesar Rp10 juta dari Kemenag RI dengan pendampingan penyuluh secara berkelanjutan.

Penyuluh tersebut, diungkapkan Uken, bertugas menginventarisir masalah,mencarikan solusi, bimbingan keluarga sakinah hingga pencapaian, seperti aliran arus kas, tingkat pendapatan, aset, dan kualitas keluarga meningkat.

“Kita bentuk unit kelompok usaha bernama Kelompok Usaha Duren Sawit Berkah dengan jenis usaha beras dan hasil keuntungan beras diberikan kepada muzaki,” ucap Uken.

Diketahui, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI menggelar Penyuluh Agama Islam Award 2023 dengan melombakan tujuh kategori yang diikuti sepuluh nominator untuk satu kategori.

Ketujuh kategori itu, yakni Kesehatan Masyarakat, Metode Penyuluhan Baru, Pelestarian Lingkungan, Pemberdayaan Ekonomi Umat, Pendampingan Kelompok Rentan, Penegakan Hukum, dan Peningkatan Literasi Al Qur’an.

Para peserta yang merupakan pegawai Kemenag RI mengikuti seleksi tahap pertama dengan materi portofolio, program dan video media sosial “Youtube”.

Selanjutnya, peserta yang lolos harus membuat materi presentasi untuk ditetapkan sebagai pemenang yang akan diumumkan sekitar pertengahan Agustus 2023.
Baca juga: Pengadilan Agama Jakbar catat angka perceraian naik setiap tahun
Baca juga: PN Jakpus: Permohonan nikah beda agama bergantung kebijaksanaan hakim
Baca juga: 393 calon jamaah haji dari Embarkasi Jakarta berangkat malam ini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023