Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima pegolf Indonesia lolos cut off pada hari kedua turnamen Mandiri Indonesia Open 2023, yang berlangsung di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Jumat.

Mereka adalah Jonathan Wijono, Kevin Akbar Caesario, Nasin Surachman, dan Elki Kow yang merupakan pegolf profesional (pro), serta Gabriel Hansel Hari yang merupakan satu-satunya pegolf amatir.

Kelima pegolf tanah air tersebut akan bersaing dengan 61 pegolf pro dari berbagai negara. Asian Tour sebagai sanction body memutuskan batas pegolf yang lolos cut off adalah para pegolf yang mencatatkan maksimal 142 pukulan atau 2 under selama dua hari.

“Hari ini saya bermain benar-benar sesuai game plan, kalau kemarin kan bermainnya lebih konservatif, sampai lupa kalau harus main itu gimana. Hari ini saya mainnya lebih lepas. Fairway langsung ke green terus. Kesempatan birdie juga banyak. Puji Tuhan bisa bikin 8 birdie," kata Jonathan sesuai memainkan putarannya.

"Saya memulai hari ini dengan posisi di bawah, jadi harus agresif mainnya. Lepas aja, main kayak practice round. Dan semua hasil ini bisa dicapai tergantung dari mindset dan mental. Bagaimana cara kita menjernihkan pikiran supaya bisa lebih fokus di satu shot," tambah Jonathan.

Jonathan menjadi pegolf Indonesia dengan hasil terbaik, yakni peringkat T2 bersama tiga pegolf lainnya. Mereka berhasil mengumpulkan 137 pukulan atau 7 under.

Pada putaran pertama, Jonathan mencatatkan 73 pukulan atau 1 over.
JAKARTA-INDONESIA – Gabriel Hansel Hari of Indonesia pictured on Friday August 4, 2023 during Round Two of the Mandiri Indonesia Open 2023 at the Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Indonesia. The US$500,000 Asian Tour event is staged from August 3-6, 2023. Picture by Graham Uden / Asian Tour.

Hansel menyusul Jonathan dengan menduduki posisi T21, bersama tiga pegolf pro yakni Douglas Klein, Pavit Tangkamolprasert, dan Ervin Chang. Mereka berempat masing-masing mengumpulkan 138 atau 6 under.

Sementara itu Kevin dan Nasin menduduki posisi T46 dengan masing-masing mengumpulkan 141 pukulan atau 3 under. Sedangkan Elki, yang sempat menjadi pegolf Indonesia di posisi teratas pada putaran pertama, harus puas berada di posisi T53 dengan 2 under.

Keberhasilan para pegolf Indonesia untuk dapat lolos cut off di tengah gempuran para atlet pro mendapat apresiasi dari Ketua Umum PB PGI Japto Soerjosoemarsono.
Ketua Umum PB PGI Japto Soerjospemarsono saat menghadiri putaran kedua Mandiri Indonesia Open 2023, yang berlangsung di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Jumat (4/8/2023). (ANTARA/HO/PB PGI)
“Dengan keberhasilan para atlet Indonesia ini bisa menjadi motivasi bagi pegolf-pegolf muda lainnya. Tugas kami adalah bagaimana mendorong mereka untuk terus dapat meningkatkan prestasi,” kata Japto.

Turnamen Mandiri Indonesia Open masih menyisakan dua putaran lagi, yang akan berlangsung pada Sabtu (5/8) dan Minggu (6/8).

Baca juga: Sarit Suwannarut puncaki klasemen hari pertama Mandiri Indonesia Open

Baca juga: Turnamen golf Indonesia Open kembali bergulir setelah dua tahun absen

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023