Delegasi Kedubes AS berada di Kota Samarinda selama tiga hari, sejak tanggal 3 hingga 5 Agustus 2023.
Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur menerima kunjungan Delegasi Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) yang membawa misi olahraga dan kebudayaan.

" Samarinda menjadi salah satu dari tiga Kota di Indonesia yang menjadi tujuan delegasi Amerika Serikat untuk dikunjungi. Dua Kota lainnya yakni Palembang dan DKI Jakarta," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Samarinda,Muslimin di Samarinda, Sabtu.

Ia mengatakan delegasi Kedubes AS berada di Kota Samarinda selama tiga hari, sejak tanggal 3 hingga 5 Agustus 2023.

Delegasi olahraga-budaya negara Paman Sam itu tiba di Kota Samarinda melalui bandara Internasional APT Pranoto Kamis (3/8) 2023 sekitar pukul 13.30 WITA dan  disambut Asisten II Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Sam Syaimun.

Delegasi Kedubes AS, yaitu Mery K Trechock (Assistant Cultural Attache US Embassy Jakarta) bersama dua mantan pemain NBA Stephen Howard (putra), Edniesha Curry (putri), langsung diajak mengunjungi Desa Budaya Pampang.

Sehari sebelumnya, Irmina Reniarti (Youth Outreach Specialist) Staf Kedubes AS telah tiba lebih dulu. 

Setelah sampai di Desa Budaya Pampang, rombongan disambut dengan upacara adat dan kemudian dipersilakan masuk ke dalam Lamin Adat Pemung Tawai.

Selama berada di Desa Budaya Pampang, delegasi Kedubes AS terlihat sangat antusias dalam menyaksikan berbagai tarian yang dibawakan oleh para pemuda dan pemudi Suku Dayak Kenyah Desa Budaya Pampang.

Mengakhiri kunjungannya, Mery K Trechock menyampaikan pesan dan motivasi kepada warga Desa Budaya Pampang, khususnya kepada para siswa SMP 30 Samarinda.

"Tarian yang ditampilkan sangat indah sekali, karena kalian sangat suka sekali menari dan selalu berlatih dengan rajin. Jadi lakukan hal yang sama dalam kehidupan, apabila kalian selalu berusaha dengan sungguh-sungguh dalam hal apapun, kalian juga pasti akan berhasil. Belajar yang rajin, dan Kedubes AS di Jakarta memiliki banyak sekali program yg terbuka untuk kalian semua," katanya.

Ia juga berpesan kepada warga Desa Budaya Pampang, harus bisa menjaga dan melestarikan budaya yang dimilikinya, menurutnya, tarian yang dipertontonkan memiliki ciri khasnya tersendiri dan tidak menutup kemungkinan, ke depan bisa diajak untuk tampil di Amerika Serikat.

Pebola basket Stephen Howard, juga sempat memberikan motivasi kepada para pelajar.

Ia mengatakan bahwa jangan pernah berkecil hati jika merasa atau memiliki kekurangan, terus semangat dan berlatih serta memanfaatkan kelebihan lain yang dimiliki, tentu akan memberikan hasil yang diinginkan.

Baca juga: Perwakilan Kedubes AS tanam pohon di Sesukamu Samarinda

Baca juga: Pemprov Kaltim gelar diskusi lingkungan dengan organisasi Amerika

Baca juga: Rp188 miliar produk pertanian Kaltim diekspor ke Tiongkok dan Amerika

Baca juga: Psikolog Amerika Kritik Optimalisasi Stadion di Kaltim


 

Pewarta: Arumanto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023