nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi Kota Samarinda
Samarinda (ANTARA) -
Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (Unmul) memberikan beasiswa kepada tiga mahasiswa berprestasi untuk melanjutkan studi strata 2 di Adelaide University, Australia.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda, Asli Nuryadin di Samarinda, Rabu, mengatakan program beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Samarinda dengan Kedutaan Besar Australia yang telah disepakati sebelumnya.
 
"Programnya sudah jalan, sebelumnya Wali Kota Samarinda bertemu dengan Kedutaan Besar Australia, dan menjalin kerja sama. Lalu, jatah sebenarnya ada 10 mahasiswa yang akan diberangkatkan nantinya," ujarnya.
 
Dari 10 mahasiswa tersebut, tiga di antaranya berasal dari Samarinda, sedangkan tujuh lainnya diambil oleh provinsi. Mereka akan mengikuti program double degree, yaitu satu tahun di Unmul dan satu tahun di Adelaide University.
 
"Program ini diperuntukkan mahasiswa yang mengambil pascasarjana, yang nantinya mereka berkesempatan untuk meraih dua gelar akademik," terangnya.

Baca juga: 48 kader ulama di Samarinda dapat beasiswa pendidikan ke Yaman
Baca juga: Untag Samarinda berikan beasiswa gratis peraih medali PON

 
Ia menjelaskan, Pemerintah Kota Samarinda hanya membiayai kuliah satu tahun di Unmul, sedangkan untuk pembiayaan satu tahun di luar negeri akan ditanggung oleh negara bagian Australia.
 
Asli menambahkan, total beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kota Samarinda untuk tiga mahasiswa tersebut adalah Rp115 juta. Ia berharap, program ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan di Samarinda.
 
"Semoga mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dan nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi Kota Samarinda, khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan," tuturnya.
 
Sementara itu, proses seleksi dan indikator mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa ke Adelaide University, sepenuhnya dikelola oleh Universitas Mulawarman. Mulai dari kompetensi dalam bahasa Inggris, hingga aspek lainnya yang memenuhi syarat dalam penerimaan beasiswa.
 
"Kami mengucapkan selamat kepada tiga mahasiswa yang lolos seleksi, dan semoga mereka dapat mengharumkan nama Samarinda di kancah internasional," tutupnya.

Baca juga: Kemendikbudristek: Kuota IISMA 2024 capai 3.300 orang ke 30 negara
Baca juga: Kemenag: 192 peserta ikuti wawancara beasiswa non gelar ke luar negeri
Baca juga: 10 siswa SMA/SMK Kabupaten Mappi lolos seleksi beasiswa luar negeri

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024